Viral Pegawai Tabung 90% Gaji, Hasilnya 2 Apartemen

Viral Pegawai Tabung 90% Gaji, Hasilnya 2 Apartemen

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 03 Nov 2021 16:10 WIB
Ilustrasi menabung
Ilustarsi menabung. Foto: Thinkstock
China -

Di kota besar China seperti Nanjing, harga properti amat mahal. Namun pegawai perempuan ini bisa membeli dua apartemen di sana berkat gaya hidup hemat dan minimalis ekstrem sampai menabung 90% gaji. Kisah ini pun jadi viral di media sosial.

Wang Shenai yang berusia 32 tahun, mengklaim selama 9 tahun terakhir, ia mampu menyisihkan 90% gajinya agar mampu membeli rumah. Dia diwawancarai di media sosial QQ dan jadi viral, di mana videonya sudah disaksikan lebih dari 500 juta kali.

Ya, banyak netizen yang penasaran. Kisah Shenai bahkan memicu debat panas apakah pantas diikuti atau tidak. Lantas seperti apa misalnya strategi penghematan Shenai?

Seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post, kecuali celana dalam murah yang rutin dibelinya per tahun, Shenai mengaku memperoleh pakaian bekas dari temannya.

Wang shenaiWang Shenai. Foto: QQ

"Saya punya teman yang suka membeli pakaian dan dia akan memberikannya meskipun jarang dikenakan. Dia akan meminta saya memilih apapun yang saya inginkan dari busana bekasnya," katanya.

Dia juga tak pernah ikut pesta. Untuk bepergian, dia menggunakan kendaraan umum dan selalu berusaha mencari semacam kupon tiket gratis. Kemudian, Shenai tak pernah ingin membeli benda mewah.

"Bagi sebagian orang, menghabiskan uang membuat mereka bahagia. Sedangkan saya tidak merasakannya sebagai kebahagiaan, saya merasa cemas dan gugup ketika mengeluarkan uang," cetus wanita yang bekerja di perusahaan periklanan ini.

Gaya hidupnya itu juga dilakukan sang suami, di mana ponselnya pun sangat usang sehingga susah mengoperasikan aplikasi dengan lancar. Di sisi lain, dia menegaskan, tidak akan menghakimi gaya hidup orang lain atau mengajak untuk mengikuti jejaknya.

Perdebatan pun terjadi di dunia maya soal gaya hidup hemat ekstrem ini. "Buat apa hidup sehemat itu? Memakai pakaian lama? Uang tidak dibawa mati," tulis yang kontra. "Dia adalah orang yang bijaksana karena mampu menangkal godaan materi. Dia hebat bisa membeli properti sendiri," cetus yang pro. Bagaimana menurut Anda?



Simak Video "Siomay Dua Putera Mang Ujang, Sehari Ludes Terjual dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)