Peringatan Buat Bill Gates: Jangan Genit ke Karyawan Perempuan

Peringatan Buat Bill Gates: Jangan Genit ke Karyawan Perempuan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 20 Okt 2021 16:10 WIB
Bill Gates kutu buku
Bill Gates Pernah Diperingatkan Jangan Genit ke Karyawan Perempuan Foto: Facebook
Jakarta -

Bill Gates ternyata pernah diperingatkan oleh dua petinggi Microsoft untuk menghentikan komunikasi tidak pantas antara dirinya dengan seorang karyawan perempuan. Peringatan ini diberikan pada tahun 2008, saat Gates masih menjadi chairman dewan direksi Microsoft.

Laporan Wall Street Journal mengatakan Gates pernah bertingkah genit dengan seorang karyawan perempuan Microsoft lewat email. Gates juga dilaporkan pernah menggoda karyawan tersebut, padahal saat itu ia masih menikah dengan Melinda French.

Gates kemudian diminta oleh dua petinggi Microsoft, Brad Smith yang saat itu menjabat sebagai General Counsel dan Lisa Brummel yang saat itu menjabat sebagai Chief People Officer, untuk berhenti berhubungan dengan karyawan perempuan.

Gates tidak membantah kalau ia pernah berkirim email dengan karyawan itu dan mengatakan akan segera menghentikan hubungannya. Smith dan Brummel kemudian melaporkan hubungan ini ke beberapa anggota direksi Microsoft, tapi mereka tidak mengambil langkah lebih lanjut karena tidak ada interaksi fisik antara Gates dan karyawan perempuan.

Dalam keterangan resminya kepada The Verge, juru bicara Microsoft mengonfirmasi laporan WSJ tapi tidak memberikan komentar lebih lanjut. Tapi kepada WSJ, juru bicara Microsoft Frank Shaw mengatakan perusahaan baru mengetahui pertukaran email itu pada tahun 2008, tapi kejadiannya sudah terjadi setahun sebelumnya.

Karyawan perempuan itu tidak melayangkan keluhan kepada perusahaan tentang insiden tersebut. Shaw mengatakan email yang dikirimkan bersifat menggoda tapi tidak bernada seksual, dan ia mengatakan Gates pernah membicarakan mengajak karyawan itu untuk bertemu di luar kantor.

Berbeda dengan keterangan Microsoft, juru bicara Gates membantah laporan tersebut. "Klaim ini salah, merupakan rumor daur ulang dari sumber yang tidak memiliki pengetahuan langsung, dan dalam beberapa kasus memiliki konflik kepentingan yang signifikan," kata juru bicara Gates, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (19/10/2021).

Pada tahun 2019, beberapa anggota direksi Microsoft menyarankan Gates untuk mundur dari jabatannya selagi dugaan perselingkuhan yang ia lakukan dengan seorang karyawan diselidiki. Karyawan itu kabarnya menuliskan surat kepada dewan direksi tentang hubungannya dengan Gates yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Gates kemudian mundur dari jabatannya pada tahun 2020 dengan alasan ingin fokus untuk kegiatan amalnya. Saat ia mundur, investigasi tersebut belum selesai dilakukan.

Pada Agustus 2021, Gates resmi bercerai dengan istrinya Melinda French setelah menikah selama 27 tahun. Saat ini keduanya masih bersama-sama memimpin yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation.



Simak Video "Terkuak! Melinda Ingin Ceraikan Bill Gates Sejak 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)