Heboh Fitur Lihat Belanja Teman, Ini Tanggapan Shopee

Heboh Fitur Lihat Belanja Teman, Ini Tanggapan Shopee

Tim - detikInet
Jumat, 15 Okt 2021 09:04 WIB
Gudang Shopee Kebakaran di Jakut, Shopee Jelaskan soal Barang Pelanggan
Heboh Fitur Lihat Belanja Teman, Ini Tanggapan Shopee (Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET)
Jakarta -

Fitur baru Shopee yaitu bisa melihat belanja teman, ditanggapi negatif di media sosial. Shopee menegaskan pihaknya menjamin privasi dan kontrol penuh oleh pengguna.

Sebelumnya, ramai dibicarakan netizen di Twitter soal fitur melihat belanja teman di Shopee. Fitur ini dinilai sebagian pengguna mengganggu privasi karena belanja pengguna bisa dilihat temannya. Dikhawatirkan, kegiatan belanja ini disebarluaskan secara negatif. Sebagian netizen menilai kegiatan belanja adalah urusan pribadi yang tidak perlu diketahui orang lain.

Terkait dengan ramai-ramai di Twitter ini, Shopee lewat akun Twitter resminya sudah memberikan tanggapan. Menurut mereka itu adalah fitur baru.

"Hi Kak, maaf udah buat nggak nyaman. Shopee merilis fitur baru Shopee Friends. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan retensi pembeli dengan mengembangkan interaksi sesama pengguna Shopee," kata @ShopeeID kepada salah satu netizen di Twitter.

Lantas bagaimana dengan privasi pengguna? detikINET pun meminta konfirmasi kepada Shopee. Juru bicara Shopee Indonesia menegaskan fitur ini sifatnya opsional.

Shopee menegaskan mereka tetap melindungi privasi pengguna dengan memberikan kontrol penuh untuk mengatur privasi akun. Barang belanja yang sensitif pun menurut Shopee tidak bisa dilihat orang lain.

"Kami informasikan bahwa Pengguna memiliki kontrol penuh untuk bisa mengatur privasi akun terkait riwayat kegiatan mereka. Shopee juga telah mengatur agar barang-barang dari kategori sensitif secara otomatis tidak dapat dilihat oleh pengguna lain," kata juru bicara Shopee Indonesia dalam keterangan kepada detikINET, Jumat (15/10/2021).

Bagaimana menurut Anda, detikers? Apakah fitur semacam ini diperlukan atau tidak? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.



Simak Video "Tokopedia: E-commerce Favorit Belanja Produk Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)