Misteri Penampakan Jack Ma di Hong Kong

Misteri Penampakan Jack Ma di Hong Kong

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 13 Okt 2021 05:45 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Jack Ma. Foto: AP Photo
Hong Kong -

Sudah setahun Jack Ma tidak menampakkan diri secara terang-terangan di hadapan publik. Kabar terbaru, ada beberapa saksi yang melihatnya di Hong Kong.

Media Hong Kong, The Standard, seperti dilihat Rabu (13/10/2021) mengutip dua sumber terpercaya, menyatakan bahwa Jack Ma terlihat di kota itu pada tanggal 1 Oktober 2021. Jika benar, ini menjadi penampakan pertama di sang pendiri Alibaba di luar China daratan setelah dirumorkan dilarang untuk meninggalkan negaranya.

Namun demikian tetap ada misteri yang melingkupi laporan ini. Tidak ada foto ataupun video yang memperlihatkan Jack Ma berada di Hong Kong. Kemudian tidak jelas siapa yang dia temui dan apa kegiatannya di kota tersebut.

Jack Ma memang dilaporkan punya rumah mewah di Hong Kong, di antara koleksi propertinya. Jadi kemungkinan dia sedang tinggal di sana.

Seperti diberitakan, pada Oktober 2020 setahun lalu, Jack Ma berpidato yang mengkritik sistem keuangan China. Sejak itulah, bisa dikatakan dia hilang secara misterius tanpa kejelasan yang memadai di mana lokasinya dan bagaimana keadaannya. Ia hanya beberapa kali muncul, kebanyakan di dunia maya.

Awalnya, kritik kerasnya pada sistem finansial di China bikin pemerintah China marah, bahkan menurut sumber, Presiden Xi Jinping sendiri yang memerintahkan IPO Ant Financial, perusahaan Jack Ma yang hendak melantai di bursa saham, dihentikan. Tak hanya itu, Alibaba kemudian didenda besar karena tuduhan aksi monopoli.

Jack Ma berpidato di Bund Summit, sebuah event di Shanghai yang dihadiri ratusan bankir dan perwakilan pemerintah China. Pada intinya, ia mengatakan bahwa regulasi keuangan yang ada sekarang dan sistem perbankan di China sudah ketinggalan zaman.



Simak Video "Studi: Rabun Jauh Pada Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)