Netflix Beberkan Cara Sukses Jadi Perusahaan Streaming

Netflix Beberkan Cara Sukses Jadi Perusahaan Streaming

Eqqi Syahputra - detikInet
Selasa, 12 Okt 2021 16:59 WIB
Netflix
Foto: Netflix
Jakarta -

Industri layanan streaming saat ini makin merajalela. Industri ini jelas menarik untuk dibuat di Indonesia lantaran pasar persaingannya yang masih minim. Dapat kita lihat, banyak tersedia pilihan layanan streaming yang menyediakan berbagai konten series dan film, salah satunya Netflix.

Kesuksesan Netflix bukan hanya datang dari kualitas produksi film dan series yang mereka buat, namun juga dari optimalisasi infrastruktur website mereka, seperti pengiriman konten yang kuat menggunakan CDN.

Content Delivery Network (CDN) adalah teknologi yang mampu memastikan keberadaan content static milikmu (seperti gambar, CSS, JavaScript, video, dll) bisa diakses lebih cepat, dengan cara menyalurkannya dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung, sehingga bisa meningkatkan waktu respon server. Content Delivery Networks sangat berguna untuk website yang berskala besar, dan memiliki banyak konten, seperti Netflix.

CDN di perusahaan Netflix dikenal secara internal sebagai sistem Open Connect. Artinya, infrastruktur yang menangani hal-hal seperti penagihan, dukungan pelanggan, frontend aplikasi, dan algoritma yang merekomendasikan pilihan tampilan semuanya telah di-porting dan di bawah kendali langsung perusahaan.

Open Connect CDN milik Netflix juga menghasilkan semua kontennya dapat dinikmati dengan lancar, seperti acara TV, film, dokumenter, dan lain sebagainya. Hal ini tidak lepas dari penyimpanan CDN itu sendiri yang mencapai hingga 280 terabyte di sistemnya.

Open connect CDN milik Netflix merupakan pusat data kecil yang dioperasikan langsung oleh perusahaan yang membuat pengeluaran biaya lebih murah untuk menghostingnya, dengan penyajian konten yang lebih lancar.

Bagi investor atau pengusaha yang bergerak di bidang layanan streaming film pastinya bisa mencontoh cara tersebut. Dapat dilihat, CDN memegang peran kunci dalam kesuksesan Netflix.

Huawei Cloud membangun layanan Content Delivery Network yang dapat membantu bisnis layanan streaming milikmu menampilkan segala konten teroptimalisasi dengan baik, sehingga end user atau pelanggan dapat dengan mudah memuat konten layanan.

Dengan Huawei Cloud Content Delivery Network, akselerasi situs web kamu akan semakin cepat, serta mampu menyediakan layanan akselerasi nasional untuk konten statis yang tersedia dalam nama domain yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, konfigurasi juga cepat, akselerasi aman, konfigurasi HTTPS dan validasi URL perujuk memiliki keamanan yang tinggi, serta konfigurasi cache yang fleksibel

Huawei Cloud CDN juga dapat mempercepat layanan media sesuai permintaan seperti e-learning, berbagi video, program TV, dan aplikasi musik.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai Huawei Cloud dan teknologi-teknologi yang dimiliki Huawei Cloud, silahkan klik di sini.

(ega/ega)