Apa Itu BGP dan DNS, Penyebab Tumbangnya Facebook, WhatsApp dan Instagram

Apa Itu BGP dan DNS, Penyebab Tumbangnya Facebook, WhatsApp dan Instagram

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 14:43 WIB
Bangkok, Thailand - JUN 18, 2018: social medial app iPhone mobile phone with blue screen background technology business smartphone digital communication facebook and internet editorial
Apa Itu BGP dan DNS, Penyebab Tumbangnya Facebook, WhatsApp dan Instagram (Foto: Getty Images/iStockphoto/Wiyada Arunwaikit)
Jakarta -

Facebook akhirnya mengungkap penyebab tumbangnya sejumlah layanan mereka, seperti WhatsApp, Instagram, dan tentunya Facebook.

Mereka memang tak menjelaskan secara gamblang penyebab tumbangnya layanan mereka, namun yang jelas, layanan mereka tumbang setelah adanya pembaruan border gateway protocol (BGP) yang rutin mereka lakukan.

Pembaruan BGP ini dianggap sebagai biang kerok masalah, yaitu menghapus semua informasi routing domain name system (DNS) yang ada. Alhasil semua layanan Facebook tak bisa diakses.

Jadi, apa sih BGP dan DNS ini?

Pertama adalah BGP, yang merupakan pengatur lalu lintas internet dunia. Yaitu mengatur aliran atau paket apa dikirimkan ke mana, dengan jalur yang paling pendek agar paket data bisa lebih cepat sampai.

BGP diperlukan karena di dunia ada banyak penyedia layanan internet, backbone router, dan juga server. Jadi BGP ini bertugas untuk menunjukkan jalan untuk paket data, dan memastikan rute tersebut adalah rute terbaik.

Lalu apa hubungannya BGP dan DNS? Secara singkat, meminjam penjelasan dari Cloudflare, DNS berfungsi untuk menjelaskan tujuan dari sebuah data, dan BGP bertujuan untuk mengatur rute yang perlu ditempuh untuk bisa mencapai tujuannya.

DNS adalah teknologi yang membuat komputer (dan berbagai perangkat yang tersambung ke internet) bisa mengerti alamat IP dari sebuah situs ataupun berbagai hal yang di internet. Namun fungsinya sebatas itu, mengetahui alamat dari tujuannya.

Untuk itulah BGP diperlukan untuk mengarahkan paket tersebut ke tujuannya. Hal inilah yang terjadi di tumbangnya Facebook dan berbagai layanannya selama beberapa jam, karena BGP tak bisa mengarahkan paket ke tujuannya, sehingga pengguna tak bisa mendapat paket dari Facebook dkk.

Permasalahan BGP dan DNS ini juga yang dianggap menjadi biang kerok tumbangnya Facebook dkk pada Maret 2019 lalu.



Simak Video "WhatsApp-Instagram-Facebook Tumbang!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)