WhatsApp, Instagram, dan Facebook Tumbang, Karyawan Ikut Kelimpungan

WhatsApp, Instagram, dan Facebook Tumbang, Karyawan Ikut Kelimpungan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 05 Okt 2021 13:41 WIB
Ilustrasi Facebook
WhatsApp, Instagram dan Facebook Tumbang, Karyawannya Ikut Kelimpungan Foto: Reuters
Jakarta -

WhatsApp, Instagram dan Facebook sempat tumbang selama lebih dari enam jam di seluruh dunia. Hal ini tidak hanya membuat tiga miliar penggunanya yang kebingungan, tapi juga karyawan Facebook.

Laporan New York Times mengatakan karyawan Facebook kesulitan menyelesaikan masalah ini karena sistem internal juga ikut terpengaruh. Menurut memo internal yang dikirimkan ke karyawan Facebook sistem yang ikut terdampak antara lain sistem keamanan, kalendar internal, dan sistem penjadwalan.

Karyawan Facebook juga kesulitan melakukan panggilan telepon menggunakan ponsel kantor dan tidak bisa menerima email dari sumber eksternal. Platform komunikasi internal karyawan Facebook, Workplace, juga ikut tumbang sehingga banyak karyawan yang tidak bisa melakukan pekerjaannya.

Karena Facebook mengharuskan karyawan untuk login menggunakan akun kantor saat mengakses layanan seperti Google Docs dan Zoom, layanan itu jadi tidak bisa diakses. Mereka pun beralih ke platform lain seperti FaceTime, Discord, dan LinkedIn untuk bisa berkomunikasi.

Facebook kemudian mengirimkan teknisinya ke salah satu pusat data mereka di California untuk mencoba mereset server perusahaan secara manual.

Tapi hal ini dipersulit karena teknisi keamanan yang ditugaskan untuk mengecek gangguan tidak bisa memasuki area server karena kartu identitas digital mereka tidak berfungsi. Karyawan Facebook yang sudah masuk kantor juga kesulitan memasuki gedung kantor dan ruang rapat.

Dalam email kepada karyawan tidak lama setelah layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook pulih, CTO Facebook Mike Schroepfer mengatakan insiden kali ini mempengaruhi backbone jaringan yang menghubungkan semua pusat data Facebook.

"Jika kalian tidak secara aktif membantu pemulihan, harap bersabar dan jangan buru-buru memuat ulang semuanya untuk mencegah memperlambat pembukaan jaringan," kata Schroepfer dalam memonya, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (5/10/2021).

Kini layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook sudah berangsur pulih. Pengguna sudah bisa mengirim dan menerima pesan, memperbarui feed dan memposting Stories.

CEO Facebook Mark Zuckerberg memastikan ketiga layanan milik Facebook itu sudah kembali online. Ia pun meminta maaf kepada pengguna atas gangguan yang cukup lama kali ini.

"Maaf atas gangguan hari ini -- Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi," katanya.



Simak Video "Facebook Cs Anjlok, Mark Zuckerberg Rugi Hampir Rp 100 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)