YouTuber Kondang China Li Ziqi Menghilang, Apa yang Terjadi?

YouTuber Kondang China Li Ziqi Menghilang, Apa yang Terjadi?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 24 Sep 2021 13:00 WIB
Hidup di Desa, YouTuber Li Ziqi Petik Buah hingga Bikin Mie Sendiri
YouTuber China Li Ziqi Menghilang, Apa yang Terjadi? Foto: YouTube Li Ziqi
Jakarta -

YouTuber China Li Ziqi tiba-tiba menghilang dan lama tak membuat konten video di channel YouTube-nya. Berbagai spekulasi beredar menyertai menghilangnya Li Ziqi, mulai dari kabar hiatus dari YouTube, terlibat kasus hukum, hingga sensor Pemerintah China terhadap sosok terkenal.

Li Ziqi diketahui belum memposting karya baru selama lebih dari dua bulan. Para penggemarnya pun khawatir dan mempertanyakan keberadaannya. "Sister Qi kamu di mana? Kami sangat khawatir. Tolong update video seperti biasa yang membuat kami tenang," kata seorang penggemarnya di jejaring sosial China Weibo.

Dikutip dari Vice, Li Ziqi memang biasa mengupload video baru setiap bulan. Tapi kali ini, video terakhirnya diposting pada bulan Juli, dan belum ada update hingga sekarang.

Tim Li Ziqi tidak menjelaskan secara spesifik apa yang sedang terjadi. Namun mereka menginsyaratkan bahwa Li Ziqi sedang menghadapi beberapa masalah.

Dalam postingan Weibo pada 26 Agustus, asisten Li Ziqi menyampaikan kabar mengejutkan yang mengatakan Li Ziqi memutuskan rehat sejenak dan mundur dari YouTube. Li Ziqi menyadari dia terlalu banyak menghabiskan waktu membuat konten, dan berniat mengejar ketertinggalannya di bidang pendidikan.

Meski belum terkonfirmasi, asistennya juga menyebut Li Ziqi belum lulus dari pendidikan sekolah menengah. Gadis berusia 31 tahun itu juga kabarnya sedang terlibat kasus hukum, sehingga membuatnya memilih vakum dari YouTube.

Pada 30 Agustus lalu Li Ziqi sempat memposting foto di Weibo yang menampilkan dirinya sedang mengajukan laporan di kantor polisi. Dalam balasan komentar di postingan itu, Li Ziqi sepertinya meluapkan kekesalan.

"Saya selalu meminta pengacara mencatat semuanya. Ini sangat mengerikan! Sebuah bisnis memang harus punya trik yang bagus!," tulis Li Ziqi. Namun postingan itu kini telah dihapus. Meski demikian, postingan ini memicu desas-desus tentang perselisihan bisnis.

Selain itu, beredar pula isu yang menyebutkan Li Ziqi sengaja disingkirkan oleh Pemerintah China. Dalam beberapa bulan terakhir, memang sedang ramai sejumlah pesohor China tiba-tiba menghilang dan bungkam.

Untuk diketahui, di China, para selebriti atau orang yang populer dianggap sebagai ancaman. Popularitas dan kekayaan mereka dianggap mereka dinilai berisiko dan mengancam nasionalisme negara.



Simak Video "Rekaman CCTV Saat China Diguncang Gempa M 6"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)