6 Topik yang Paling Penting di Indonesia, Mana yang Paling Kamu Banget?

6 Topik yang Paling Penting di Indonesia, Mana yang Paling Kamu Banget?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 16 Sep 2021 18:09 WIB
Ilustrasi wanita yang sedang tertawa ketika membaca pesan singkat.
Topik paling penting bagi Indonesia. Foto: Getty Images/recep-bg
Jakarta -

Twitter merilis laporan terbarunya tentang tren paling penting menurut orang Indonesia. Twitter menganalisis percakapan di Indonesia selama tiga tahun terakhir, dan mendapatkan enam tren yang mendominasi linimasa, yang dapat menjadi insight bagi kamu yang punya usaha untuk merancang kampanye yang sesuai dengan minat audiens mereka di Twitter.

Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Ardiansah menjelaskan bahwa tentu saja adanya perubahan ini juga karena adanya pandemi.

"Jelas karena COVID-19. Ini akan terus mendampak dan kemungkinan terus berlanjut perubahannya," kata pria yang akrab disapa Ade ini kepada rekan media, Kamis (16/9/2021). Apa saja tren pembicaraan di Twitter? Simak di bawah ini:

1. Wellbeing

"Pandemi membuat dampak yang cepat, tidak bisa membayangkan hidup tanpa pandemi dan akan berkepanjangan bagi manusia. Topik dari 2020, walau secara spesifik percakapan soal penyakitnya sudah menurun tapi percakapan untuk tetap sehat untuk tetap wellbeing berbeda dari biasanya," ujar Ade.

Selfcare atau mental wellness mengalami kenaikan 17%. Tren ini tertangkap Twitter meningkat di momen penting di saat ada PSBB, tahun baru, dan Ramadhan ketika semua orang kesulitan bertemu keluarga mereka.

2. Creator Culture

"Dalam ruangan, di rumah aja, mulai PSBB atau lockdown stay di rumah mendorong orang-orang content creator mengubah kebiasaan mereka, bahkan dari sisi konten berubah," paparnya.

Eksplorasi diri kreativitas semakin marak, bahkan banyak yang mendadak jadi chef dan lainnya karena kreativitas orang menjadi terasah. Terjadi 33% peningkatan di antara percakapan ini.

3. Everyday Wonder

Melarikan diri dari kenyataan dengan keterbatasan akses ke mana-mana. Tentu saja kebutuhan atas melarikan diri dari kehidupan jadi lebih menonjol terlebih di situasi yang tidak bisa kiat kontrol. Kita semakin menghargai distraksi melupakan kehidupan selama pandemi sehingga tren percakapan ini juga meningkat di Twitter.

4. One Planet

"Climate change dampak di seluruh dunia. Tapi sejak awal di tahun 2020 awal pandemi, banjir, kebakaran, polusi juga ramai dan kita meng-capture percakapan soal ini," tuturnya.

5. Tech Life

Pembicaraan online shopping e-commerce naik 254%, faktornya dari adopsi digital yang sangat signifikan. Selain itu, para ecommerce juga memakai Twitter untuk membangun engagement misalnya untuk mengadakan giveaway atau free ongkir.

6. My Identity

Ada peningkatan percakapan soal bagaimana kita menggerakkan masyarakat lewat cuitan di Twitter atau biasa kita kenal dengan social movement.

"Social movement yang global contohnya seperti 'Black Lives Matter', di Indonesia juga ada gerakan untuk membantu ojol dan itu terus terjadi," tandasnya.

Nah, dari enam ini, mana yang kamu banget?



Simak Video "Donald Trump Gugat Twitter ke Pengadilan, Minta Akunnya Dipulihkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)