Malangnya Bill Gates, Ditinggal Melinda Kini Sahabatnya

Malangnya Bill Gates, Ditinggal Melinda Kini Sahabatnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 15 Sep 2021 08:45 WIB
NEW YORK, NY - JANUARY 27: Bill Gates and Warren Buffett speak with journalist Charlie Rose at an event organized by Columbia Business School on January 27, 2017 in New York City. Gates and Buffett spoke on a range of topics including their friendship, business, philanthropy, global health, innovation, and leadership. (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Bill Gates dan sahabatnya Warren Buffett. Foto: Getty Images
Jakarta -

Bill Gates resmi bercerai dengan Melinda French. Ditinggal sang istri, kini ia juga ditinggal sahabatnya yang mundur dari posisinya di yayasan milik Gates, Bill and Melinda Gates Foudation setelah 15 tahun menjabat.

Ialah seorang investor ternama Warren Buffett yang mundur meninggalkan Bill Gates. Kepergian Buffett tepat terjadi ketika yayasan tersebut terlibat dalam berbagai skandal, termasuk tuduhan perlakuan tidak menyenangkan terhadap wanitayang ditujukan kepada Bill Gates dan pengelola uang dari dana abadi Yayasan Gates, Michael Larson. Kedua pria itu menyangkal tuduhan itu.

Waktu pengunduran dirinya juga datang tak lama setelah Buffett sendiri menjadi subjek investigasi ProPublica tentang seberapa sedikit pajak penghasilan yang dibayarkan miliarder. ProPublica melaporkan 'tarif pajak sebenarnya' Buffett hanya sepersepuluh dari 1% antara 2014 sampai 2018.

Meski nampaknya Buffett bermurah hati untuk menggelontorkan miliaran dollar, sejumlah pakar pajak menilai kemungkinan Buffett tidak punya banyak pilihan dalam hal ini. Tampaknya secara hukum ia berkewajiban untuk terus memberikan donasi kepada yayasan.

Tapi pada tahun 2006, Buffett mengirim surat kepada Bill dan Melinda French Gates yang menyatakan bahwa dia 'berkomitmen untuk memberikan hadiah tahunan saham Berkshire Hathaway 'B' sepanjang hidup saya'. Buffett juga mencatat bahwa dia bermaksud agar donasinya terus berlanjut bahkan setelah kematiannya.

Walaupun Buffett menggambarkan pengunduran dirinya hanya sebagai konsekuensi dari bertambahnya usia dan sudah waktunya pensiun dari tanggung jawab menyangkut hal profesional, kejadiannya bertepatan dengan kontroversi yang terus muncul di sekitar Bill Gates. Ini membuat orang bertanya-tanya, apakah Gates dijauhi sahabatnya?

Pada hari yang sama dengan pengumuman Buffett, pertanyaan baru muncul seputar manajer keuangan Gates Foundation, Michael Larson, yang juga mengelola sebagian besar kekayaan pribadi Bill Gates. Demikian mengutip The Nation.



Simak Video "Terkuak! Melinda Ingin Ceraikan Bill Gates Sejak 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)