Rahasia Sukses Bill Gates, Elon Musk dan Jack Ma: 5 Jam Lebih Aktif

Rahasia Sukses Bill Gates, Elon Musk dan Jack Ma: 5 Jam Lebih Aktif

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 14 Sep 2021 17:17 WIB
Bill Gates kutu buku
Bill Gates, Elon Musk, dan Jack Ma punya rahasia sukses yang sama (Foto: Facebook)
Jakarta -

Bill Gates, Elon Musk dan Jack Ma memiliki kesamaan. Sukses? Iya, sudah pasti. Tapi ada kesamaan lain yang mereka miliki. Mereka selalu meluangkan lima jam (bahkan lebih) untuk melakukan kegiatan ini dan ternyata membantu mereka lebih sukses. Memangnya apa yang mereka lakukan?

Ini adalah kegiatan yang dikenal dengan nama '5 hour-rule' atau 'aturan 5 jam' dan pertama kali terinspirasi dari Benjamin Franklin pada abad ke-18. Franklin berfokus meningkatkan pengetahuannya melalui satu jam pembelajaran yang memang dijadwalkan setiap harinya termasuk untuk evaluasi diri, merenungkan tujuan hidup, sampai ke urusan membaca buku. Terinspirasi oleh Franklin, aturan lima jam ini kemudian diperkenalkan oleh Michael Simmons, Pendiri Empact.

"Efek jangka panjang dari kepuasan intelektual sama berbahayanya dengan efek jangka panjang dari tidak berolahraga, makan dengan baik atau cukup tidur. Tidak belajar setidaknya lima jam per minggu adalah 'merokok' versi abad ke-21," ujar Simmons.

Bill Gates dikenal sebagai salah satu pembaca paling rakus. Dia membaca sekitar 50 buku setiap tahun. Salah satu bangunan rumahnya juga dikenal memiliki ruang perpustakaan yang luas dengan rak buku yang berjejer.

"Jika Anda cukup membaca, ada kesamaan antara hal-hal yang memudahkan, karena hal ini seperti hal lainnya yang ini," kata Bill Gates kepada Quartz pada 2016.

"Jika Anda memiliki kerangka kerja yang luas, maka Anda memiliki tempat untuk menyusun segalanya," sambungnya.

Sahabatnya, Warren Buffett seorang investor besar menghabiskan enam jam sehari untuk membaca. Sebagai perbandingan, rata-rata orang dewasa di AS hanya menghabiskan 20 menit sehari untuk membaca.

"Baca 500 halaman seperti ini setiap hari. Begitulah cara kerja pengetahuan. Itu membangun, seperti bunga majemuk. Kalian semua bisa melakukannya, tapi saya jamin tidak banyak dari kalian yang akan melakukannya," ucap Buffett sebagaimana melansir The CEO Magazine, Selasa (14/9/2021).

Begitu juga Jack Ma sang bos Alibaba, ia pun dikenal sangat gila membaca buku. Ada beberapa buku yang ia rekomendasikan kepada publik di antaranya 'Makers: The New Industrial Revolution', 'Here Comes Everybody:The Power of Organizing Without Organizations', dan 'Built to Last: Successful Habits of Visionary Companies'.

Sementara itu, si jenius Elon Musk, bos dari perusahaan antariksa SpaceX juga punya hobi membaca buku. Menurut saudaranya, Musk tumbuh dengan membaca dua buku per harinya.

Kalau kamu, detikers, berapa banyak buku yang kamu baca atau berapa lama waktu yang kamu luangkan untuk membaca? Yuk sama-sama komitmen untuk membaca lebih sering. Janji ya, detikers?



Simak Video "Elon Musk dan Grimes Putus!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)