Kominfo Blokir Konten 'Aku Bukan Homo' di YouTube Kids

Kominfo Blokir Konten 'Aku Bukan Homo' di YouTube Kids

Tim - detikInet
Senin, 13 Sep 2021 21:09 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Kominfo Blokir Konten 'Aku Bukan Homo' di YouTube Kids (Foto: Sean Gallup/Getty Images)
Jakarta -

YouTube diprotes karena dinilai mempromosikan konten bermuatan LGBT, yang ironisnya muncul di YouTube Kids. Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresponnya dengan melakukan pemblokiran.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemutusan akses terhadap konten tersebut melalui kordinasi dengan pengelola platform, yang dalam hal ini adalah YouTube.

"Kementerian Kominfo meminta seluruh platform digital untuk lebih serius menjaga keamanan ekosistem digital dari konten yang melanggar peraturan perundang-undangan," ujar Dedy kepada detikINET, Senin (13/9/2021).

Pada kesempatan ini juga, Dedy menyampaikan bahwa Kominfo mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk semakin bijak dalam mengonsumsi informasi yang tersebar di internet.

"Apabila masyarakat menemukan konten yang melanggar ketentuan yang berlaku untuk dapat melaporkannya melalui aduankonten@kominfo.go.id atau kanal aduan lain yang kami sediakan," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, media sosial ramai mempersoalkan video baru di YouTube yang dinilai mempromosikan LGBT.

Video yang dimaksudkan ini berjudul 'Sindu - Aku Bukan Homo Official Music Video (18+)'. Video tersebut diupload oleh akun Sinduatiga. Ini adalah sebuah akun baru di YouTube, yang baru bergabung pada 9 September 2021. Video di akun ini cuma satu yaitu lagu yang dipermasalahkan. Video diuplod pada hari yang sama akun ini dibuat.

Video ini mendapatkan banyak protes dari netizen karena video ini muncul atau lewat di video YouTube anak-anak sebagai iklan. Protes pun langsung disampaikan di kolom komentar.

Dalam keluhan netizen, video Aku Bukan Homo ini muncul dalam iklan sebelum video lagu anak-anak seperti Coco Melon atau Angel Kids yang sontak bikin netizen kaget dan marah.



Simak Video "Klarifikasi Manajemen 'Aku Bukan Homo' Usai Diblokir Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)