Tesla Model S Plaid Ukir Rekor Kecepatan, Elon Musk Gembira

Tesla Model S Plaid Ukir Rekor Kecepatan, Elon Musk Gembira

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 10 Sep 2021 15:37 WIB
Tesla Model S Plaid
Tesla Model S Plaid ukir rekor kecepatan. Foto: Tesla
Jerman -

Mobil listrik selain ramah lingkungan juga punya kelebihan dalam soal kecepatan atau akselerasi, salah satunya Tesla. Elon Musk sang pemilik baru saja mengabarkan bahwa Tesla Model S Plaid mengukir rekor kecepatan.

Rekor tersebut ditorehkan di sirkuit legendaris Nurburgring di Jerman. Tesla Model S Plaid menyelesaikan satu lap di Nurburgring dalam waktu hanya 7:30,909. Sebagai pembanding, Porsche Taycan butuh waktu 12 detik lebih lama alias kalah telak. Kecepatan Tesla Model S Plaid menembus kecepatan 166,32 km/jam.

Nurbugring sendiri adalah salah satu sirkut balap paling terkenal di dunia dengan ciri khas trek panjang dan sulit ditaklukkan. Banyak manufaktur kendaraan menguji coba kapabilitas kendaraan balapnya di sana untuk menjajal ketangguhannya dalam kondisi ekstrim.

Dengan hasil tersebut, dikutip detikINET dari Electrek, Tesla Model S Plaid pun diklaim sebagai mobil listrik tercepat. Kendaraan yang diujicoba baru keluar dari pabrik dan tidak mengalami proses modifikasi apapun.

"Tesla Model S Plaid baru saja mencetak rekor kecepatan dunia resmi untuk mobil listrik di Nurburgring. Benar-benar tanpa modifikasi, langsung dari pabrik," demikian bunyi kicauan Elon Musk di Twitter.

Bahkan jika dibandingkan mobil bensin tercepat, rekor Tesla ini tidak kalah. Tentunya juga Porsche panas dengan rekor tersebut. Mereka tengah mempersiapkan Taycan Turbo S yang mungkin saja dapat menjadi rival sengit Tesla Model S Plaid.

Model S Plaid sendiri adalah varian performa tertinggi Model S. Juni silam, kendaraan ini mulai dikirim pada sebagian konsumen yang memesannya. Waktu itu, Elon Musk sesumbar produk termahal mobil listrik sedan Tesla ini lebih baik dalam segala hal, mulai dari kecepatan hingga keamanan.

"Lebih cepat dari Porsche tapi lebih aman dari Volvo," kata Elon Musk. "Kita dalam jalur produksi dan akan pengiriman pertama 25 unit, kemudian beberapa ratus unit per minggu, hingga ribuan mobil per minggu," sambung dia.



Simak Video "Elon Musk Umumkan Peluncuran Tesla Bot Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)