Kenapa Setelah Google Sesuatu Langsung Ada Iklannya di Instagram?

Kenapa Setelah Google Sesuatu Langsung Ada Iklannya di Instagram?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 16:12 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Pernah Lihat Iklan di Instagram Setelah Google Sesuatu? Ini Penjelasannya Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Banyak pengguna media sosial, seperti Instagram, yang sering menemukan iklan setelah mencari tentang suatu produk di Google. Mereka mengira hal ini terjadi karena ada salah satu layanan yang mengintip hasil pencarian mereka. Tapi apa benar itu yang terjadi?

Google Search Liaison Danny Sullivan mengatakan hal itu terjadi bukan karena Google mendengarkan atau mengintip hasil pencarian pengguna. Ia bahkan sering mengalami hal yang sama.

"Tentu saja bukan karena kami mendengarkan Anda. Tidak ada siapapun yang mendengarkan untuk menampilkan hal seperti itu, saya janji," kata Sullivan dalam diskusi virtual tentang Google Search, Rabu (8/9/2021).

Sullivan mengatakan ia tidak tahu apa yang terjadi di Instagram jadi ia hanya memberikan jawaban secara umum. Ia menjelaskan hal ini kemungkinan terjadi karena saat pengguna mencari informasi tentang suatu produk di Google, mereka mengklik halaman website lewat iklan yang ada di bagian pencarian paling atas.

Jika pengguna masuk ke sebuah website dari iklan, pengiklan tersebut akan bisa memahami apa yang dicari pengguna. Kemudian pengiklan bisa memanfaatkan informasi itu untuk melakukan apa yang disebut sebagai retargeting atau remarketing.

"Tapi itu juga bisa terjadi jika Anda tidak mencari apa-apa dan tidak ada kaitannya dengan pencarian. Anda mungkin masuk ke website tentang pemanggang barbeque dan website itu merupakan bagian dari jaringan iklan," jelas Sullivan.

"Dan hanya karena Anda masuk ke sana secara langsung, website itu memahami kalau Anda tertarik dengan hal seperti ini. Dan Anda bisa melihat iklan yang mungkin muncul dan hal lainnya," imbuhnya.

Menurut Sullivan, kemungkinan lainnya adalah saat pengguna sedang membuka media sosial, mereka membuka website milik sebuah bisnis. Bisa jadi ada informasi yang menghubungkan pengguna saat membuka website itu ke jaringan iklan.

Sullivan mengatakan ini hanya penjelasan dasar yang ia pahami karena ia tidak bekerja di bagian iklan Google atau bahkan mengerti seluk beluk iklan di Instagram.

Tapi ia menekankan bahwa iklan seperti ini muncul bukan karena Google memberikan informasi seperti profil, halaman non-iklan yang diklik, atau riwayat pencarian pengguna ke pengiklan.

"Kami tidak memberikan riwayat pencarian Anda ke siapapun. Itu bukan sesuatu yang kami bisa berikan ke pengiklan," ucap Sullivan.

"Tapi jika Anda klik iklan yang spesifik, maka pengiklan akan memahami hal spesifik itu karena Anda berinteraksi dengan iklan mereka, seolah Anda masuk ke sebuah website," pungkasnya.



Simak Video "Refleksi Google di Ulang Tahun ke-23"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)