HP Android Ini Diklaim Paling Aman di Dunia

HP Android Ini Diklaim Paling Aman di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 07 Sep 2021 09:45 WIB
NitroPhone 1
NitroPhone 1. Foto: Nitrokey
Jakarta -

Ponsel yang bisa mengamankan pengguna dari ancaman cyber atau hacker makin didambakan seiring makin meningkatnya kasus pembobolan data dan lain sebagainya. Perusahaan Nitrokey asal Jerman ini mencium peluang bisnis itu dan merilis HP Android yang diklaim teraman.

Perusahaan ini sebelumnya sudah dikenal merancang gadget super aman seperti laptop dan desktop. Nah kini mereka mencoba peruntungannya terjun ke industri ponsel aman dengan produk NitroPhone 1.

Seperti dikutip detikINET dari 9to5Google, NitroPhone 1 sejatinya adalah Pixel 4a besutan Google, namun dimodifikasi sehingga lebih ampuh keamanannya. Sistem operasi yang aslinya Android OS pun ditukar dengan Graphene OS yang dikenal super aman.

Graphene OS yang sebenarnya berbasis Android ini tidak membawa aplikasi Google apapun karena fokusnya adalah memberikan fitur keamanan yang tangguh. Sistem penyandiannya disebut sangat kuat dan HP Android ini akan mati sendiri jika tidak digunakan beberapa lama.

Serangan spyware jenis apapun kabarnya bisa ditangkalnya. Pengguna masih bisa menginstall aplikasi Android seperti biasa, namun aksesnya sangat dibatasi. Aplikasi tidak bisa mengakses data yang sensitif di ponsel.

Karena sejatinya adalah Pixel 4a, maka baik desain maupun spesifikasinya pun sama persis dengan ponsel itu. Fitur kuncinya adalah layar 5,81 inch, kamera depan punch hole, prosesor Qualcomm Spandragon 730G, RAM 6 GB, memori internal 128 GB, chip keamanan Titan M sampai kamera utama 12,2 megapixel.

Namun karena dibekali fitur keamanan super, harganya melonjak jadi USD 750, jauh dari aslinya yang hanya sekitar USD 349. NitroPhone 1 saat ini sudah dijual oleh Nitrokey secara online bagi yang ingin punya HP Android dengan perlindungan maksimal dan kantongnya cukup tebal.



Simak Video "Daftar HP Android Terkencang di Dunia Versi AnTuTu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)