Dijegal Xi Jinping, Jack Ma Jadi Pelukis

Dijegal Xi Jinping, Jack Ma Jadi Pelukis

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 24 Agu 2021 13:15 WIB
Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020.
Jack Ma. Foto: AP Photo
Beijing -

Apa saja yang dilakukan oleh Jack Ma selama ini, ketika dia seakan bersembunyi dan sudah lama tidak tampil? Hampir dapat dipastikan bahwa dia sangat menekuni kegemaran melukis.

Dalam laporan terbaru oleh Wall Street Journal, pendiri Alibaba dan Ant Group itu sedang belajar melukis dengan cat minyak. Ia pada awalnya senang melukis jenis-jenis burung dan juga bunga.

Namun belakangan, seperti dikutip detikINET dari Art Net, Selasa (24/8/2021) Jack Ma menjajal tema gambar baru yaitu lukisan abstrak. Hal itu berdasarkan lukisan baru Jack Ma yang telah dilihat sendiri oleh WSJ.

Barangkali karena tidak bisa lagi intensif mengurus bisnis atau berbicara di depan umum yang dulu jadi hobinya, Jack Ma memilih menghabiskan waktu untuk melukis. Hal ini pertama kali diutarakan beberapa waktu silam oleh Masayoshi Son, bos Softbank yang juga sobatnya.

"Tapi kami tidak selalu berbicara tentang bisnis. Jack Ma suka menggambar dan telah mengirim saya beberapa gambar," sebut Son tentang pembicaraan mereka. Son pun membalas dengan mengirim gambar yang ia buat, terkadang ia sampai menyempatkan diri menggambarnya sebelum tidur.

Kemudian baru-baru ini, pendiri Alibaba yang lain Joe Tsai juga membenarkan hal itu. "Dia sesungguhnya baik-baik saja, sangat baik. Dia melukis sebagai hobi, lukisannya cukup bagus," papar Tsai.

Jack Ma sudah sekitar 10 bulan seakan bersembunyi di lokasi yang sejauh ini belum dapat dipastikan. Seperti diberitakan, Jack Ma sudah sejak Oktober 2020 menghilang setelah mengkritik sistem keuangan pemerintah China. Perusahaannya pun kena penyelidikan, konon atas perintah langsung Presiden Xi Jinping.

"Salah satu faktor razia perusahaan teknologi dimotivasi keinginan untuk menurunkan risiko finansial, misalnya membatasi aktivitas Ant meminjamkan uang," kata Nicholas Lardy dari Peterson Institute for International Economics (PIIE).

"Namun alasan lain mungkin karena keinginan Xi untuk memutus sumber kekuasaan alternatif yang mungkin pada akhirnya nanti menantang dominasi pemerintah China," tambah dia tentang mengapa Jack Ma dan perusahaannya dikekang.



Simak Video "Masih Soal Misteri Menghilangnya Jack Ma"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)