Quipper Gelar Festival Merdeka Belajar, Apa yang Seru?

Quipper Gelar Festival Merdeka Belajar, Apa yang Seru?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 16:00 WIB
Quipper
Foto: Dok. Quipper
Jakarta -

Quipper, perusahaan teknologi pendidikan, mengajak para siswanya merayakan kemerdekaan Indonesia secara virtual lewat rangkaian acara 'Festival Merdeka Belajar'.

Festival tersebut diadakan dari 14 sampai 20 Agustus 2021, dan diisi dengan berbagai kegiatan edukatif, menghibur, dan bertujuan untuk mengobarkan semangat nasionalisme kepada para siswa.

Rangkaian acara Festival Merdeka Belajar di antaranya adalah sesi edukatif berupa Live Class dan bedah jurusan kuliah, serta dilengkapi oleh acara virtual meet and greet bersama Quipper Super Teacher termasuk Tasya Kamila, seorang aktris, penyanyi, dan penulis lagu.

Pada acara yang digelar pada Minggu, 15 Agustus 2021 kemarin, Tasya membagikan pengalamannya saat kuliah di Universitas Indonesia (UI) dan Columbia University, serta pandangannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Menurut Tasya, pelajar di masa pandemi memiliki banyak rintangan, mulai dari kesulitan beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh, ancaman learning loss, dan dampak psikologis seperti kesepian hingga frustasi akibat terlalu lama belajar dari rumah. Menurutnya, peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini bisa menjadi momentum untuk membangkitkan semangat merdeka belajar.

"Di tengah masa penuh tantangan ini, kita masih memiliki kemerdekaan atau kebebasan dalam menuntut ilmu, mendapatkan akses ke pendidikan yang berkualitas, dan kebebasan untuk memilih sekolah atau universitas. Semangat merdeka belajar ini harus selalu kita rayakan dan kita hidupkan dengan cara belajar sepenuh hati," tekannya.

Sebagai pelengkap acara, siswa juga mendapatkan sesi Live Class gratis yang dibawakan oleh coach Quipper. Live Class sendiri merupakan fitur pembelajaran interaktif yang didapatkan oleh para siswa ketika berlangganan paket Quipper.

Selama acara berlangsung, sejumlah kesempatan kuis berhadiah atau giveaway turut diberikan dengan hadiah mulai dari saldo uang elektronik hingga gawai penunjang belajar daring seperti smartphone, tablet, dan laptop senilai total Rp 20 juta.

"Meski siswa tidak dapat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia secara langsung di sekolahnya masing-masing, kami ingin memberikan semangat dan dukungan penuh melalui acara edukatif gratis serta gadget untuk menunjang pembelajaran daring mereka ke depannya," ujar Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (23/8/2021).



Simak Video "Semarak Warganet Ramaikan HUT ke-76 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)