YouTuber Muhammad Kece Dikecam MUI, Diusut Kominfo - Halaman 2

Roundup

YouTuber Muhammad Kece Dikecam MUI, Diusut Kominfo

Tim - detikInet
Minggu, 22 Agu 2021 07:01 WIB
YouTuber Muhammad Kece
Foto: dok ist

Polisi Diminta Bertindak

Atas perbuatan Muhammad Kece ini, pengurus MUI meminta agar polisi bergerak mengusut kasus ini agar tidak meresahkan umat.

"Ucapannya yang melanggar hukum. Jika aparat tidak segera menangkapnya, khawatir umat Islam akan menampakkan kemarahannya," kata Abdul.

"Narasi-narasi yang dilontarkan MK berpotensi tinggi memecah belah kerukunan umat beragama dan merusak integrasi bangsa," sambungnya.

Para ulama dan kiai telah mendatangi SKPT Polda Jawa Timur pada Rabu, 21 April 2021, melaporkan akun YouTube MuhammadKece atas dugaan penistaan terhadap agama Islam. Menurutnya, aksi Muhammad Kece sudah sangat meresahkan.

Merespon hal tersebut, Dittipidsiber Bareskrim Polri akan menindaklanjuti kasus ini.

"Kita akan dalami," ujar Dirtipidsiber Bareskrim Brigjen Asep Edi Suheri melalui pesan singkat.

Kominfo Ikut Mengusut

Beredar di ranah internet, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mendalami kasus viral tersebut.

"Kementerian Kominfo saat ini sedang mendalami kasus ini dan melakukan penelusuran lebih dalam terkait konten yang diduga mengandung muatan penistaan agama," ungkap Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi.

Di saat yang bersamaan, Kominfo juga berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dugaan penistaan agama yang dilakukan YouTuber Muhammad Kece di salurannya.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian, serta melakukan tindak lanjut sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Dedy.


Live YouTube

Mengetahui dirinya dikecam oleh MUI, YouTuber Muhammad Kece melakukan siaran langsung di akun YouTube-nya.

Dalam siaran langsungnya yang diberi Judul "MuhammadKece di di kecam MUI" ia menjawab segala tuduhan terhadap dirinya. Tak sendirian ia juga melakukan diskusi virtual dengan beberapa rekannya.

"Gara-gara surat 72 ayat 19 ini disampaikan ke dunia saya jadi dikecam oleh MUI, aduh..," kata Muhammad Kace.

Surat 72 yang dimaksud oleh Muhammad Kece adalah surat Al-Jinn. Di mana, ayat 19 nya yang berbunyi "Dan sesungguhnya ketika hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (melaksanakan salat), mereka (jin-jin) itu berdesakan mengerumuninya".

(agt/rns)