GoCar Mengaspal Pertama Kali di Vietnam, Fokus Layani Nakes

GoCar Mengaspal Pertama Kali di Vietnam, Fokus Layani Nakes

Khoirul Anam - detikInet
Kamis, 19 Agu 2021 20:26 WIB
Gocar Vietnam
Foto: Gojek
Jakarta -

Penyedia layanan berbasis teknologi karya anak bangsa Gojek kembali memperkuat posisinya di Asia Tenggara dengan memperkenalkan GoCar. Layanan mobilitas on-demand kendaraan roda empat ini hadir di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Layanan GoCar saat ini tersedia secara eksklusif untuk tenaga kesehatan sebagai garda terdepan di tengah pandemi global COVID-19. Nantinya GoCar diperluas untuk melayani masyarakat umum ketika situasi pandemi membaik.

Diketahui, peluncuran yang dilakukan di tengah pandemi ini merupakan keberlanjutan dari komitmen Gojek dalam bergotong royong untuk meringankan beban selama masa pandemi. Peluncuran 50 armada GoCar yang disediakan di lima rumah sakit dan pusat komando medis ini tak lepas dari kerja sama antara Gojek dan Departemen Perhubungan dan Departemen Kesehatan Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City.

Mengingat layanan diberikan kepada tenaga kesehatan yang setiap harinya berkontak erat dengan pasien, semua armada GoCar tahap pertama ini akan dilengkapi dengan sekat pelindung dan mitra driver GoCar yang beroperasi telah diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat.

Selain mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), mitra driver juga wajib mematuhi pedoman yang diterapkan Pemerintah Vietnam, yakni memakai masker wajah, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari pertemuan massal, mengisi formulir pernyataan kesehatan, serta melakukan desinfeksi kendaraan.

Sebagai proteksi tambahan, mitra driver juga dikarantina dalam satu lokasi penginapan atau hotel. Karantina dilakukan sejak mulai beroperasi hingga akhir September atau ketika masa lockdown di Ho Chi Minh City diperkirakan akan berakhir.

General Manager Gojek Vietnam Duc Phung mengungkapkan, pihaknya telah melakukan persiapan yang diperlukan untuk meluncurkan layanan GoCar.

"Ketika pandemi meningkat di Ho Chi Minh City dan peraturan jarak sosial diberlakukan, kami beradaptasi dengan cepat, menyesuaikan layanan GoCar untuk sementara fokus mendukung tenaga kesehatan. Kami telah bekerja sama dengan pemerintah daerah guna memperlancar upaya dalam mendukung kebutuhan transportasi para tenaga kesehatan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

"Tenaga kesehatan berada di garda terdepan dalam pertempuran melawan COVID-19 dan mempertaruhkan keselamatan mereka sendiri sehingga masyarakat dapat tetap aman. Kami berterima kasih kepada mereka dan ingin berkontribusi sesuai dengan bidang kami untuk memudahkan mobilitas mereka sehingga mereka dapat fokus pada yang jauh lebih penting dalam merawat pasien," ujarnya.

Ia menambahkan, ketika kondisi lebih aman dan pembatasan sosial dilonggarkan, layanan GoCar akan diperluas di Vietnam.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya Dinas Perhubungan Ho Chi Minh City dan Dinas Kesehatan, yang telah berjasa membantu kami menyediakan GoCar dalam keadaan luar biasa. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi dan kontribusi dari semua orang, kita bersama akan segera mengatasi masa yang penuh tantangan ini," kata dia.

Diketahui kehadiran Gojek mendapat apresiasi dari otoritas setempat. Pejabat Departemen Perhubungan Ho Chi Minh City mengatakan bahwa kebutuhan transportasi tenaga kesehatan di Ho Chi Minh City sangat penting. Menurutnya, karena kota tersebut memobilisasi sumber daya medis untuk memerangi COVID-19.

"Kami menghargai kolaborasi dan dukungan proaktif Gojek untuk memfasilitasi perjalanan penting tenaga kesehatan. Kami berharap inisiatif Gojek akan menginspirasi organisasi lain untuk bergandengan tangan dengan pemerintah untuk membuat kota ini aman dan membantu masyarakat dengan segala cara yang memungkinkan," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu mitra driver pertama GoCar di Vietnam, Teng Vu mengaku merasa terhormat dapat melayani kebutuhan para tenaga kesehatan. Di samping itu, ia juga merasa telah terhormat menjadi bagian dari layanan GoCar.

"Gojek telah meningkatkan standar kebersihan dan keamanan yang saya yakini akan menetapkan standar baru dalam industri ini dalam melindungi mitra driver dan pelanggan. Di tengah kesulitan COVID-19, saya bersyukur memiliki kesempatan ini untuk memainkan peran kecil dalam membantu kota dan tenaga kesehatannya," kata dia.

Sebagai informasi, GoCar adalah tambahan layanan terbaru Gojek di pasar Vietnam, setelah sebelumnya sukses menghadirkan layanan on-demand untuk sepeda motor (GoRide), layanan pengiriman paket (GoSend) dan layanan pengiriman makanan online (GoFood). Saat ini layanan GoCar sudah terdapat di 3 negara yakni Indonesia, Singapura, dan Vietnam.



Simak Video "Gojek Ubah Nama GoViet Vietnam dan GET di Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)