Ini Alasan Pesawat Kepresidenan AS Warnanya Biru Juga - Halaman 2

Ini Alasan Pesawat Kepresidenan AS Warnanya Biru Juga

Tim - detikInet
Selasa, 03 Agu 2021 17:29 WIB
Air Force One in Flight
Air Force One. Foto: (iStock)

Rencana perubahan warna Air Force One

Model kecil pesawat dengan warna baru usulan Trump itu sudah mejeng di gedung Oval. Adapun perusahaan Boeing sudah dikontrak membuat pesawat Air Force One generasi anyar pada tahun 2018 senilai USD 3,9 miliar. Rencananya, pesawat itu akan mengudara pada tahun 2024.

Nah mengingat saat ini presiden sudah berganti ke Joe Biden, ia bisa saja mengubah desain warna Air Force One sesuai keinginannya atau kembali ke warna saat ini. Namun Biden disebut tidak memikirkan hal itu.

"Presiden tidak menghabiskan waktu untuk memikirkan tentang skema warna di Air Force One," kata juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki, pada Januari silam setelah Biden terpilih sebagai orang nomor satu di AS.

Dari sisi teknologi, pesawat Air Force One dirancang sangat aman untuk membawa sang presiden, terlebih generasi barunya nanti. Pesawat itu dilengkapi dengan peralatan komunikasi, avionik, dan pertahanan yang canggih, termasuk perlindungan dari getaran elektromagnetik dan suar dari rudal dengan sistem pelacak panas.

Artinya, pesawat Air Force One dapat difungsikan sebagai pusat komando bergerak di udara jika terjadi serangan di wilayah Amerika Serikat. Fungsi lebih penting dari urusan warna.

(fyk/fay)