Bos Twitter Ingin Bitcoin Bawa Perdamaian Dunia

Bos Twitter Ingin Bitcoin Bawa Perdamaian Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 24 Jul 2021 11:03 WIB
Jack Dorsey
Bos Twitter Harap Bitcoin Bisa Bawa Perdamaian di Dunia Foto: istimewa
Jakarta -

CEO Twitter Jack Dorsey merupakan salah satu penggiat Bitcoin ternama di dunia. Saking antusiasnya, Dorsey bahkan berharap mata uang kripto ini bisa membawa perdamaian di dunia.

Saat berbicara di konferensi virtual The B Word yang juga dihadiri CEO Tesla Elon Musk, Dorsey mengatakan Bitcoin bisa membantu mengatasi ketimpangan keuangan dan mendorong individu untuk fokus ke masalah yang lebih besar.

"Harapan saya adalah ini menciptakan perdamaian dunia atau membantu menciptakan perdamaian dunia," kata Dorsey seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (24/7/2021).

"Semua monopoli ini tidak seimbang dan individu tidak memiliki kekuatan dan jumlah biaya dan gangguan yang berasal dari sistem moneter kami saat ini nyata dan mengalihkan perhatian dari masalah yang lebih besar," sambungnya.

Dorsey memang telah lama menjadi advokat mata uang kripto seperti Bitcoin. Pada tahun 2018, ia bahkan meyakini Bitcoin bisa menjadi mata uang tunggal dalam waktu satu dekade.

Selain memimpin Twitter, Dorsey juga merupakan CEO Square, penyedia layanan pembayaran digital. Tahun lalu, Square membeli Bitcoin senilai USD 50 juta .

Pekan lalu, Dorsey mengumumkan Square akan menciptakan bisnis baru yang fokus kepada 'layanan keuangan yang terdesentralisasi' yang menggunakan Bitcoin. Layanan ini bertujuan untuk meniru sistem keuangan tradisional, seperti bank dan bursa, dengan mata uang kripto.

Tapi visi Dorsey untuk menjadikan Bitcoin sebagai mata uang tunggal dan membawa perdamaian dunia memiliki banyak hambatan. Misalnya akses internet yang tidak merata di banyak wilayah.

Selain itu, konsumsi tenaga listrik yang dibutuhkan untuk menambang Bitcoin dan memproses transaksi juga bertentangan dengan visi Dorsey, mengingat mata uang kripto memiliki dampak negatif yang cukup besar terhadap lingkungan.



Simak Video "Elon Musk-Bos Twitter Ngobrol soal Bitcoin, Pertanda Cuan?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)