Google Rombak Ulang Desain 992 Emoji

Google Rombak Ulang Desain 992 Emoji

Josina - detikInet
Sabtu, 17 Jul 2021 15:00 WIB
Google emoji
Foto: Google
Jakarta -

Google mengumumkan telah merombak ulang desain 992 emoji agar lebih universal. Desain baru emoji ini akan hadir bersamaan dengan perilisan Android 12.

Meski demikian Google mengatakan bahwa emoji baru ini akan tersedia di versi Android lama pada aplikasi yang mendukung Appcompat.

Tak hanya itu emoji tersebut juga akan dihadirkan di beberapa layanan milik Google seperti Gmail, Chrome OS, Google Chat, dan YouTube Live Chat bulan ini.

Dilansir detiKINET dari The Verge perubahan ini membuat emoji lebih mudah dipahami secara sekilas oleh lebih banyak orang.

Emoji pai, misalnya, saat ini terlihat seperti pai labu klasik Amerika. Bentuk seperti itu umum bagi orang Amerika, tetapi tidak di Inggris, desainnya terlihat lebih mirip kue tar daripada kue tradisional. Ini yang membuat Google memoles emojinya lebih universal secara global.

Google emojiGoogle emoji Foto: Google

Dalam kasus lain, Google membuat desain emojinya dengan tampilan yang lebih berani sehingga membantu mengingatnya kendati ditampilkan dalam ukuran kecil sekalipun.

Emoji croissant dan bacon sekarang akan lebih bersinar, sementara gunting memiliki tepi tajam. Kendaraan seperti mobil dan taksi juga telah disesuaikan proporsinya agar lebih menarik perhatian.

Lalu emoji bikini yang akhirnya tidak lagi terlihat seperti sedang dipakai oleh orang yang tidak terlihat, dan emoji masker wajah sekarang menunjukkan wajah dengan mata terbuka.

Google mengatakan membuat perubahan ini untuk mencerminkan fakta bahwa masker telah menjadi cara universal untuk menunjukkan kebaikan kepada orang lain daripada simbol seseorang yang sakit.

Bukan hal yang aneh bagi perusahaan untuk mendesain ulang emoji seperti ini, baik untuk mengoreksi ketidakakuratan atau mencerminkan perubahan asumsi budaya tentang cara penggunaannya.

Tahun lalu, Apple membuat perubahan serupa pada emoji topeng untuk menunjukkan wajah tersenyum di bawah topeng, dan juga mengubah emoji jarum suntiknya agar lebih sesuai sebagai simbol vaksin.

Pada 2019, mereka bahkan memperbarui emoji sempoa setelah orang-orang menunjukkan masalah dengan desain lamanya. Dan jangan lupa desain ulang Google untuk emoji burger dan birnya sebagai tanggapan atas protes di tahun 2017.



Simak Video "Google Umumkan 8 Startup yang Telah Lulus dari Program Akselerasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)