10 Situs Penting Bantu Warga yang Positif COVID-19

10 Situs Penting Bantu Warga yang Positif COVID-19

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 17 Jul 2021 09:35 WIB
Bantuan Internasional untuk Bantu RI Hadapi COVID
10 situs bantu warga yang terkena COVID-19. Foto: Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Sejak angka penyebaran COVID-19 di Indonesia meningkat drastis, ramai di media sosial netizen yang mencari bantuan mulai dari ruang rumah sakit hingga ketersediaan tabung oksigen. Guna memudahkan berikut 10 situs penting bantu warga yang terpapar COVID-19.

1.Wargabantuwarga

Di Wargabantuwarga kita bisa menemukan banyak informasi seputar fasilitas dan alat kesehatan untuk warga yang terkena COVID-19. Disediakan database Puskesmas, rumah sakit, ambulans, oksigen dan kontak penting lainnya.

Kamu pun bisa ikut berkontribusi di situs ini dengan memberikan informasi terkait ketersediaan ruang di RS, oksigen dan lainnya. Atau bila ingin menjadi donor plasma dan relawan bisa mendaftar lewat situs ini.

Untuk mengakses Wargabantuwarga bisa mengklik link ini.

2. Urundayacovid

Urundayacovid menampilkan informasi yang dapat membantu warga ketika terkena COVID-19 atau membantu terhindar dari infeksi virus Corona. Ada database ketersediaan oksigen, serta hotline rumah sakit, Puskesmas dan ambulans.

Situs ini turut memfasilitasi mereka yang ingin menawarkan atau meminta bantuan bagi warga yang tengah isolasi mandiri (isoman)

Untuk mengakses Urundayacovid bisa mengklik link ini.

3. Farma Plus

Situs milik Kementerian Kesehatan ini menampilkan data base ketersediaan obat di apotek yang dibutuhkan oleh warga yang terpapar COVID-19.

Untuk mengakses Farma Plus bisa mengklik link ini.

4. Bed.ina-covid

Bed.ina-covid memberikan informasi ketersediaan ruang rumah sakit. Kita tinggal memasukan nama provinsi di kolom pencarian, atau dapat pula melihat berdasarkan peta.

Untuk mengakses Bed.ina-covid bisa mengaksesnya di sini.

5. Oksigen.carrd.co

Situs ini memberikan database ketersediaan tabung dan isi ulang oksigen. Kita pun dapat berkontribusi lewat situs ini dengan mengupload informas terkait pembelian atau penyewaan, serta isi ulang tabung oksigen.

Untuk Oksigen.carrd.co bisa mengaksesnya di sini.

6. Siranap Kemenkes

Situs Sistem Rawat Inap (Siranap) milik Kemenkes ini menampilkan data base ketersediaan ruang rawat inap yang tersedia di seluruh Indonesia. Dapat digunakan untuk pasien dengan COVID-19 maupun penyakit lain.

Untuk mengakses Siranap Kemenkes dapat mengklik di sini.

7. Telemedisin Isoman

Situs yang disediakan Kementerian Kesehatan ini memberikan layanan telemedisin bagi warga yang melakukan isoman.

Untuk mengakses telemedisin isoman dari Kemenkes bisa klik link ini.

8. Ahaha

Jika ingin mencari donor plasma bisa dilakukan di Ahaha. Atau jika kamu ingin mendaftarkan diri untuk jadi pendonor bisa dilakukan di situs ini.

Untuk mengakses Ahaha bisa mengklik link ini.

9. Lenterasvarga

Lenterasvarga menampilkan database informasi layanan krematorium, mobil jenazah, peti mati, bunga duka, dan program bantuan makanan isoman di Indonesia.

Untuk mengkase Lenterasvarga bisa mengaksesnya di sini.

10. Yuk Vaksin

Situs ini memberikan informasi soal vaksinasi dari berbagai daerah. Kamu pun bisa berkontribusi di dalamnya dengan mengupload informasi vaksinasi yang kamu ketahui.

Untuk mengakses Yuk Vaksinasi bisa klik link ini.



Simak Video "Cara Hitung Saturasi Oksigen Tanpa Alat Oximeter"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)