Grup Facebook ICK Klaten Beranggota Setengah Juta Orang Lenyap

Grup Facebook ICK Klaten Beranggota Setengah Juta Orang Lenyap

Achmad Syauqi - detikInet
Minggu, 11 Jul 2021 19:15 WIB
Info cegatan klaten
Info Cegatan Klaten lenyap. Foto: Screenshot
Klaten -

Grup Facebook info Cegatan Klaten (ICK) yang beranggotakan lebih dari setengah juta orang lenyap dari jagat media sosial. Akun tersebut hilang setelah dinonaktifkan pihak Facebook dengan pemberitahuan tanggal 7 Juli 2021.

"Terakhir pemberitahuan tanggal 7 Juli 2021 jam 12.20 WIB. Sedih rasanya," ungkap ketua harian ICK, Haryanto Putra Daya pada detikcom, Minggu (11/7/2021) siang.

Menurut Haryanto, akun grup tersebut tiba-tiba hilang. Setelah ditelusuri ternyata karena sudah dinonaktifkan oleh pihak Facebook. "Ternyata dinonaktifkan oleh pihak Facebook, setelah itu banyak yang mencari. Hilangnya tiba-tiba," papar Haryanto.

Alasan pihak Facebook, ungkap Haryanto, karena grup dianggap telah melanggar standar komunitas. Dalam laman pemberitahuan disebut terkait pelanggaran privasi dan foto yang tidak disadari.

"Kami tidak menyadari postingan apa itu. Sebab postingan terlalu banyak, Kalau sampai hilang eman banget," sambung Haryanto.

Dijelaskan Haryanto, disayangkan jika grup itu hilang sebab sudah banyak mewadahi aktivitas masyarakat, baik sosial atau sekadar informasi. "Bukan berarti kita jumawa. Sudah 18 rumah yang kita bangun, 100 atau ribuan orang kita pertemukan di grup," jelas Haryanto.

Bahkan, imbuh Haryanto, sudah lebih dari 10 orang yang bertemu antar saudara/keluarga, padahal sudah 20 tahun tidak hilang ditemukan. "10 orang kita pertemukan setelah 20 tahun tidak ditemukan. Banyak kegiatan sosial sudah kita lakukan," terang Haryanto.

Admin, tambah Haryanto, sudah mencoba menanyakan ke pihak Facebook tetapi belum ada jawaban. Untuk sementara sudah dibuat grup serupa. "Kita sudah kirim surat ke Facebook tetapi belum ada penjelasan. Kita buat grup sementara di info Cegatan Klaten (ICK) dengan logo yang sama," pungkas Haryanto.

Agus, salah seorang member mengatakan ICK sudah beberapa hari hilang. Ada grup lain namanya sama tetapi jumlah anggota tidak sebanyak ICK.

"Ada yang namanya sama tetapi beda. ICK anggotanya banyak dan terutama postingan soal lalu lintas sangat membantu," kata Agus pada detikcom.



Simak Video "Facebook Kembangkan Smartwatch Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/vmp)