Gandeng Kemdikbudristek, Bhinneka Cari Mahasiswa Magang

Gandeng Kemdikbudristek, Bhinneka Cari Mahasiswa Magang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 10 Jul 2021 10:30 WIB
Bhinneka
Foto: Dok. Bhinneka
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbudristek) RI dan Bhinneka sebagai mitra di Kampus Merdeka membuka program Akademi Bhinneka.

Mereka mencari mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk bergabung di program tersebut. Para mahasiswa yang lolos proses rekruitmen akan mendapat kesempatan magang bersertifikasi di industri.

Selain itu, para mahasiswa itu juga akan terlibat langsung dalam proyek industri, membangun jejaring, menerima gaji, serta mendapat "tiket emas" untuk direkrut sebagai karyawan Bhinneka.Com. Seluruh program Akademi Bhinneka menerapkan mekanisme penilaian yang terintegrasi dengan proses perkuliahan.

Sebagai mitra Kampus Merdeka, Bhinneka menjembatani perguruan tinggi sebagai pusat intelektual dan kultural dengan kebutuhan industri, sehingga akan meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang lebih baik dan terserap oleh industri.

"Program Kampus Merdeka bersama Bhinneka.Com ini merupakan bentuk konsolidasi dari semua pihak, terutama demi mempertahankan dan meningkatkan ekonomi digital di Indonesia. Para mahasiswa bisa belajar langsung, terapresiasi, serta diharapkan bisa memiliki kepiawaian yang dibutuhkan oleh industri digital. Sebuah kebanggaan bagi kami, karena terpilih menjadi salah satu mitra Kemdikbudristek RI," ungkap VP Human Capital Bhinneka, Fihri Andika, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Program ini digagas langsung oleh Kemdikbudristek RI sejak akhir Maret lalu. Dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Mendikbud RI, Nadiem Makarim, para pelaku industri e-commerce diberikan kesempatan untuk menjadi perusahaan pengasuh program magang.

Bhinneka sendiri menghadirkan empat sub program magang Kampus Merdeka bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia. Keempat sub program tersebut adalah:

1. Affiliate Apps
2. Campus Marketplace
3. Channel Management Apps
4. Performance Management System

Dari keempat sub program di atas terbuka posisi untuk 50 mahasiswa magang. Seleksi awal akan dilakukan untuk menyesuaikan kuota dan kriteria, lalu para mahasiswa yang lolos akan memulai proses magangnya dalam waktu 6-12 bulan.

Adapun dengan ikut serta dalam program Kampus Merdeka di Bhinneka, wawasan dan referensi yang diperoleh para mahasiswa akan unik, serta berbeda dengan lainnya. Sebab Bhinneka sebagai business super ecosystem adalah pelaku e-commerce pemimpin segmen B2B (termasuk B2G).

Para mahasiswa peserta akan diperkenalkan dengan karakteristik bisnis yang khusus bagi interaksi antar korporasi, bahkan yang disasarkan ke lembaga pemerintah sebagai konsumennya.

"Salah satu nilai lebih dari program magang di Akademi Bhinneka ini adalah 'tiket emas' untuk direkrut sebagai Bhinnekaners setelah mereka meraih gelar sarjana. Hal ini melengkapi pengalaman nyata berada dalam industri digital ekonomi yang dinamis, terlibat dalam berbagai proyek penting, dibimbing para mentor terbaik dari internal Bhinneka.Com. Sehingga para mahasiswa bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang industri ekonomi digital, tutup Fihri.

Program Magang BhinnekaProgram Magang Bhinneka Foto: Dok. Bhinneka


Simak Video "Paling Banyak Dikunjungi, Tokopedia Jadi Marketplace Teratas di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)