Pengacara: Bunuh Diri John McAfee Mengagetkan

Pengacara: Bunuh Diri John McAfee Mengagetkan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 25 Jun 2021 09:13 WIB
John McAfee
John McAfee. Foto: Twitter
Barcelona -

Pendiri perusahaan antivirus tenar, John McAfee, ditemukan bunuh diri di penjara Spanyol. Peristiwa tragis ini disebut mengagetkan oleh pengacaranya.

Otoritas Spanyol menyatakan apa yang terjadi di tempat kejadian perkara mengindikasikan bahwa McAfee yang berusia 75 tahun bunuh diri. Pengadilan di Barcelona telah meminta dilakukan otopsi pada jasad McAfee untuk menentukan dengan pasti penyebab kematiannya.

Hasil otopsi mungkin baru bisa diketahui dalam hitungan minggu. Pengacara John McAfee, Javier Villalba, menyatakan kematian kliennya mengagetkan istri dan anggota keluarga yang lain. Ia ingin mencaritahu seluk beluk kematian sang juragan antivirus.

"Hal ini seperti menuang air dingin pada keluarga dan tim pengacaranya. Tidak ada yang memperkirakannya, dia tidak mengucapkan selamat tinggal," katanya, seperti dikutip detikINET dari Associated Press.

Villalba menyatakan pihaknya berhasil mementahkan beberapa tuduhan yang dialamatkan pada John McAfee. Dia mengaku tidak punya bukti bahwa kematian McAfee mencurigakan, akan tetapi ia menyesalkan kekejaman hukum sehingga McAfee harus mendekam di penjara dan tidak bisa bebas dengan jaminan, walau ia tidak melakukan kekerasan.

"Kami berhasil mementahkan tujuh dari sepuluh tudingan kepada dia dan kenapa dia masih dianggap orang berbahaya sehingga bisa kabur jika dibebaskan? Dia dikenal dunia, di mana dia bisa bersembunyi?" sergahnya.

Sebelum kematiannya, McAfee dan tim hukum sudah berencana untuk mengajukan banding agar tidak diekstradisi ke Ameerika Serikat. Namun McAfee sudah keburu meninggal dunia.

McAfee ditangkap otoritas Spanyol pada akhir tahun silam atas tuduhan penggelapan pajak di Amerika Serikat. Sekitar seminggu silam, McAfee berbicara di pengadilan Spanyol untuk membela diri melawan upaya ekstradisi ke Amerika Serikat.

Jika diekstradisi ke negaranya dan terbukti bersalah, John McAfee bisa dipenjara sampai 30 tahun lamanya. McAfee kemudian menyatakan tudingan itu bermotif politik dan ia cemas akan menghabiskan waktu seumur hidupnya di penjara AS.

"Jika saya diekstradisi, hampir pasti bahwa saya akan menghabiskan seluruh hidup saya di penjara karena Amerika Serikat ingin menggunakan saya sebagai contoh," kata dia yang dikutip detikINET dari Independent.



Simak Video "John McAfee Meninggal, Berikut Perjalanan Hidup Sang Ikon Antivirus"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)