Inikah Pemicu Juragan Antivirus John McAfee Bunuh Diri?

Inikah Pemicu Juragan Antivirus John McAfee Bunuh Diri?

fyk - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 18:20 WIB
John McAfee
John McAfee. Foto: AP/Ng Han Guan
Barcelona -

John McAfee mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri di penjara Spanyol. Penyebab persisnya belum diketahui, akan tetapi pentolan teknologi yang mendirikan perusahaan antivirus terkenal dengan namanya ini, McAfee, rupanya mencemaskan sesuatu sebelum peristiwa tragis tersebut.

McAfee ditangkap otoritas Spanyol pada akhir tahun silam atas tuduhan penggelapan pajak di Amerika Serikat. Sekitar seminggu silam, McAfee berbicara di pengadilan Spanyol untuk membela diri melawan upaya ekstradisi ke Amerika Serikat.

Jika diekstradisi ke negaranya dan terbukti bersalah, John McAfee bisa dipenjara sampai 30 tahun lamanya. McAfee kemudian menyatakan tudingan itu bermotif politik dan ia cemas akan menghabiskan waktu seumur hidupnya di penjara AS.

"Jika saya diekstradisi, hampir pasti bahwa saya akan menghabiskan seluruh hidup saya di penjara karena Amerika Serikat ingin menggunakan saya sebagai contoh," kata dia yang dikutip detikINET dari Independent.

John McAfee ditangkap di bandara Barcelona pada bulan Oktober. Ia dituding tidak melaporkan pendapatannya dari bisnis mata uang kripto dan juga saat menjadi pembicara serta penjualan cerita hidupnya dalam sebuah film dokumenter.

Pengadilan Spanyol memutuskan ia dapat diekstradisi karena tidak menemukan cukup bukti bahwa tuduhan terhadap John McAfee bermotif politik. Alasan kesehatan atau umur juga diabaikan oleh pengadilan. Kemungkinan, McAfee sangat kecewa terhadap keputusan tersebut.

Seperti diberitakan, John McAfee ditemukan tewas di sel penjara Barcelona beberapa jam setelah pengadilan Spanyol setuju mengekstradisi dirinya ke AS untuk menghadapi tuduhan penggelapan pajak. Juragan antivirus ini meninggal diduga karena bunuh diri.

Kepolisian regional Catalan, Mossos d'Esquadra, mengkonfirmasi hal tersebut. Pria berusia 75 tahun itu menghembuskan nafas terakhirnya di penjara Brians 2 dekat Barcelona, Rabu malam waktu setempat.

Dalam sebuah pernyataan, departemen kehakiman Catalan mengatakan bahwa petugas penjara dan petugas medis telah mencoba menyelamatkan nyawa John McAfee, sayangnya tetapi tidak berhasil.



Simak Video "John McAfee Meninggal, Berikut Perjalanan Hidup Sang Ikon Antivirus"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)