Mengenang John McAfee, Pentolan Silicon Valley yang Liar Tapi Pintar

Mengenang John McAfee, Pentolan Silicon Valley yang Liar Tapi Pintar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 12:15 WIB
John McAfee
John McAfee. Foto: AP/Ng Han Guan
Jakarta -

John McAfee lahir pada tahun 1945 di pangkalan militer Amerika Serikat di Inggris. Ayahnya seorang tentara dan ibunya berkebangsaan Inggris. Keluarga itu kemudian pindah ke Virginia dan McAfee dibesarkan di sana. Ia memegang dua kewarganegaraan, Inggris dan Amerika Serikat.

"Saya merasa sebagai orang Inggris dan juga Amerika. Tidak ada banyak perbedaan di antara dua negara kita ini," kata McAfee dalam suatu wawancara.

Tragedi menerpa ketika pada umur 15 tahun, ayahnya yang pecandu alkohol bunuh diri dengan senjata api. McAfee kemudian ikut menggemari alkohol, namun tetap mampu menjaga performa akademiknya.

Ia lulus sarjana matematika pada tahun 1967 dari Roanoke College. Namun ia kemudian gagal meraih gelar PhD gegara dikeluarkan Northeast State Louisiana State College. Penyebabnya adalah dia meniduri mahasiswi muda yang seharusnya dididiknya.

Mahasiswa itu kemudian dinikahinya. Kegeniusan McAfee mengantarnya bekerja di perusahaan prestisius sebagai programmer, termasuk NASA, General Electric, Siemens, Univac dan Xerox. Di saat yang sama, ia kecanduan narkoba.

"Saya menyembunyikannya dari ibu dan terkadang istri. Tapi dalam lingkungan kerja, di beberapa perusahaan narkoba dikonsumsi terbuka saat makan siang di kantor. Itu adalah masa-masa yang aneh," kata John McAfee seperti dikutip detikINET dari BBC.

Masalah besar menimpa pada awal tahun 1980-an. Istrinya meninggalkannya dan perusahaannya, Omex, mengeluarkannya karena ketergantungan narkoba. "Tahun 1984 adalah terakhir kali saya pakai narkoba. Saya setop, pergi ke organisasi Alcoholics Anonymous," katanya meminta bantuan.

Namun demikian, McAfee mengakui sifat-sifat buruknya masih ada yang terbawa. Walaupun bermasalah, waktu itu McAfee diterima bekerja lagi di perusahaan elit Lockheed Martin. Di sanalah dia mengenal virus komputer. "Saya sebelumnya tak pernah dengar tentang virus. Hal itu menarik bagi saya," ujar McAfee.

Dia berhasil mengendalikan sebuah virus komputer. Itulah awal mula dia terinspirasi membangun perusahaan sendiri yang dinamakan McAfee Associates pada tahun 1987. John McAfee membuat perusahaan itu jadi besar sebelum memutuskan resign di tahun 1994.

Halaman selanjutnya, kontroversi John McAfee -->



Simak Video "John McAfee Meninggal, Berikut Perjalanan Hidup Sang Ikon Antivirus"
[Gambas:Video 20detik]