Survei: Iklan Tokopedia Edisi Ramadhan Jadi Favorit

Survei: Iklan Tokopedia Edisi Ramadhan Jadi Favorit

Nurcholis Maarif - detikInet
Kamis, 10 Jun 2021 19:00 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Iklan Tokopedia tentang Waktu Indonesia Belanja edisi Ramadhan terpilih menjadi favorit dan pilihan warga. Hal itu dilihat dari hasil JAKPAT Survey Report tentang Ramadan 2021 TVC Review.

Dalam survei tersebut, ada 20 TVC atau iklan TV dari 20 brand berbagai kategori. Seperti diketahui, banyak iklan TV dari berbagai brand yang memanfaatkan kondisi pandemi dan Ramadhan untuk mempromosikan produk mereka.

Adapun 20 brand yang diikutsertakan dalam survei tersebut ialah kategori e-Commerce (Tokopedia, Shopee, dan Lazada), mie instan (Mie Sedaap, Indomie, dan Lemonilo), provider telekomunikasi (Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL), On-demand Service (Grab dan Gojek), air mineral (AQUA, Le Minerale, dan Vit), biskuit atau snack (Oreo, Pocky, dan Roma), dan teh kemasan (Frestea, Teh Pucuk Harum, dan Teh Sosro).



Penilaian dihitung dari tingkat awareness, niat membeli (35%), suka keseluruhan (25%), keunikan (10%), kepercayaan (10%), dan relevansi. Semuanya dihitung berdasarkan JAKPAT Ads Index.

Survei tersebut melibatkan 120 responden secara acak untuk masing-masing TVC dan disurvei di minggu terakhir bulan Ramadhan kemarin. Survei ini bertujuan untuk mengetahui respons dan ketertarikan penonton terkait iklan TV suatu brand saat bulan Ramadhan.

Hasilnya, Tokopedia dengan iklan WIB Waktu Indonesia Belanja berada di posisi pertama skor 81,5. Di posisi kedua ada Mie Sedaap dengan iklan Ramadan Makin Sedaap dengan skor 81,2 dan posisi ketiga ada Aqua dengan iklan Sambut Kebaikan Ramadan Bersama Aqua dengan skor 80,9.

(ega/fay)