Hasil Tes Darah Bisa Diprediksi Lewat Smartwatch

Hasil Tes Darah Bisa Diprediksi Lewat Smartwatch

Josina - detikInet
Jumat, 04 Jun 2021 22:07 WIB
Smart watch on the boys hand-from above
Foto: iStock
Jakarta -

Smartwatch atau Jam tangan pintar kini banyak dibenamkan teknologi kesehatan dari pemantau detak jantung hingga tensi darah. Nah kini ada sebuah penelitian di mana jam tangan pintar bisa memprediksi hasil tes darah.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Jumat (4/6//2021) penelitian ini dilakukan oleh Duke University dan Stanford University di mana mereka menemukan bahwa melalui penggunaan pembelajaran mesin, perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar dapat digunakan untuk menandai jenis kondisi tertentu berdasarkan detak jantung, aktivitas harian, dan suhu tubuh pengguna.

Gagasan di balik penelitian ini adalah untuk menemukan apakah data jangka panjang yang dikumpulkan dari jam tangan pintar dapat menyimpan data yang berpotensi menjadi indikator hasil tes darah.

Berdasarkan hasil dan pengamatan 54 pasien selama tiga tahun, mereka menemukan bahwa jam tangan pintar memang dapat membantu memprediksi masalah tertentu seperti dehidrasi, anemia, dan banyak lagi.

Namun, para peneliti mengakui adanya keterbatasan tertentu karena data yang dikumpulkan biasanya tidak cukup spesifik untuk memprediksi hal-hal seperti sel darah merah atau putih, atau mendiagnosis jenis penyakit yang mungkin diderita seseorang, meski demikian ini tetap merupakan studi yang dinilai menarik.

Hal ini juga tampaknya sejalan dengan penelitian belum lama ini yang menunjukkan bahwa jam tangan pintar mungkin benar-benar mampu mendeteksi COVID-19.



Simak Video "Facebook Kembangkan Smartwatch Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)