Google Maps Bantu Turunkan Polusi Udara, Ini Caranya!

Google Maps Bantu Turunkan Polusi Udara, Ini Caranya!

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 13:20 WIB
Google Maps Membantu Menurunkan Polusi Udara
Google Maps Membantu Menurunkan Polusi Udara (Foto: Google)
Jakarta -

Sejak 2015, lusinan mobile Street View milik Google dengan sensor polusi telah melintasi sepanjang jalan kota-kota di seluruh dunia. Mulai dari Oakland hingga Sydney mereka melacak kualitas udara di sepanjang kota-kota tersebut.

Mereka juga bekerja sama dengan Kota Kopenhagen, Universitas Ultrecht, dan Universitas Aarhus untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas udara di kota. Hasilnya pun tidak terlalu baik, mengingat Kopenhagen memiliki kepadatan penduduk yang luar biasa.

Memang benar, mobil Street View yang melintas untuk mengukur kualitas udara, tidak langsung dapat mengatasi masalah terkait polusi udara. Namun data yang berhasil dikumpulkan oleh Google bisa digunakan pemerintah setempat untuk merencanakan kota dengan lebih baik, dilansir detikINET dari Makeuseof, Kamis (27/5/2021).

"Kami menemukan bahwa jalan akses utama Kopenhagen memiliki partikel ultra halus dan nitrogen dioksida (NO2) hampir tiga kali lebih banyak," tulis Google.

"Tingkat karbon hitam lima kali lebih tinggi bila dibandingkan dengan daerah pemukiman yang jarang dilalui," tambahnya.

Para perencana kota memang tidak bisa begitu saja menyuruh orang berhenti datang ke Kopenhagen. Alternatif lainnya, mereka dapat membangun pemukiman, pendidikan dan tempat rekreasi di wilayah dengan polusi udara lebih rendah.

Kurang lebih selama enam tahun terakhir, mobil Street View telah mengumpulkan data lebih dari 100 juta pengukuran kualitas udara. Upaya ini dilakukan untuk memberikan peta dengan kualitas udara terperinci kepada semua orang.

Tujuannya untuk membantu pemerintah dan komunitas, membuat perubahan yang dapat membantu penduduk kota menghirup udara lebih bersih.

"Kami juga berencana untuk melengkapi lebih banyak mobil Street View dengan kemampuan mengukur kualitas udara. Sehingga kami dapat berbagi informasi kualitas udara di wilayah tersebut," tulis Google.

Google berharap dengan informasi yang disampaikan terkait kualitas udara, dapat menciptakan kota yang dapat melindungi kesehatan semua orang.



Simak Video "Google Kenalkan Teknologi Masa Kini: Bisa Ngobrol dengan Pluto!"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)