10 Fakta Menarik TikTok yang Harus Kamu Tahu

10 Fakta Menarik TikTok yang Harus Kamu Tahu

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 28 Mei 2021 09:25 WIB
LOS ANGELES, CA - AUGUST 01: A general view of the atmosphere during the TikTok US launch celebration at NeueHouse Hollywood on August 1, 2018 in Los Angeles, California. (Photo by Joe Scarnici/Getty Images)
10 Fakta Menarik TikTok yang Harus Kamu Tau (Foto: Joe Scarnici/Getty Images)
Jakarta -

TikTok menjadi platform media sosial yang saat ini digandrungi oleh banyak anak-anak muda. Bahkan bagi mereka dengan usia lebih tua pun ikut meramaikan kehadiran TikTok.

Meskipun Instagram lebih dulu menggaet ketertarikan warganet, kepopuleran TikTok ternyata mampu menyainginya. Dengan konsep video singkat, mereka berhasil membawa konten menjadi jauh lebih menarik.

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang sedang mengalami pertumbuhan begitu cepat di dunia. Fitur yang ditawarkan memungkinkan pengguna dapat membuat video singkat dengan musik, filter dan beberapa animasi lainnya.

Secara konsep, TikTok memang terlihat seperti Musical.ly. Fakta menariknya, pada akhir 2017, perusahaan induk TikTok, ByteDance, membeli Musical.ly. Jadi akibat merger yang dilakukanya, TikTok berhasil menggaet pasar remaja di Amerika Serikat.

Selain itu, ada fakta menarik lainnya terkait TikTok. Berikut 10 fakta menarik TikTok yang harus kamu tau, dihimpun detikINET dari Oberlo, Jumat (28/5/2021).

1. Lebih dari Ratusan Juta Pengguna Aktif TikTok

Diluncurkan sejak September 2016, TikTok telah meledak popularitasnya selama lima tahun terakhir. Statistik terbaru pada Januari 2021 menunjukkan bahwa platform ini memiliki 689 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

2. Jumlah Unduhan TikTok

Pada 2019, TikTok telah mencapai miliar unduhan pertamanya. Aplikasi ini hanya membutuhkan waktu kurang dari delapan bulan untuk mendapatkan setengah miliar pengguna.

Statistik terbaru mengungkapkan pertumbuhan TikTok per April 2020, aplikasi ini telah diunduh lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia melalui App Store dan Google Play Store.

3. Paling Banyak Diunduh di App Store

Pada Q1 2019, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di App Store. Mereka berhasil meraup 33 juta unduhan dalam satu kuartal.

Tentunya, aplikasi ini mengalahkan Youtube, Instagram, Whatsapp dan Facebook Massenger.

4. Penggunanya Lebih Banyak Anak Muda

Sebanyak 62 persen pengguna TikTok di Amerika Serikat berusia antara 10 hingga 29 tahun. Sebagai perbandingan, hanya 7,1 persen dari mereka yang berusia di atas 50 tahun.

5. Jumlah Unduhan TikTok di Google Play Store

TikTok sangat populer di Amerika Selatan, tepatnya di Brasil, menjelang akhir tahun Q3 2020. Mereka berhasil memperoleh 3,08 juta unduhan di Google Play Store hanya pada bulan September 2020 saja.

Kemudian posisi kedua diisi oleh Meksiko dengan 3 juta unduhan, Amerika Serikat 2,31 juta, Rusia 2,24 juta dan Pakistan menyumbang sebanyak 1,65 juta unduhan.

6. Menghabiskan Waktu Hampir Satu Jam Pengguna Aktif di TikTok

Setiap harinya, rata-rata para pengguna menghabiskan waktu santai mereka hingga 52 menit per hari di TikTok. Sedangkan bila menengok ke pesaingnya, pengguna menghabiskan waktu hingga 53 menit di Instagram.

Diikuti oleh Snapchat 49 menit dan Facebook memimpin dengan waktu yang dihabiskan oleh pengguna hingga 58,5 menit setiap harinya.

7. TikTok Tersedia Di Seluruh Dunia

Pada tahun 2019, statistik menunjukkan bahwa TikTok saat ini tersedia di 155 negara. Platform media sosial ini juga menyediakan 75 bahasa berbeda di dalam aplikasi.

Di Thailand saja, TikTok berhasil diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Sedangkan di India, mereka meraup hingga lebih dari 20 juta pengguna aktif.

8. Pengguna TikTok Lebih Suka Menonton Video Orang Lain

Dari seluruh pengguna TikTok, sebesar 90 persen mengakses aplikasi ini setiap hari. Sebuah studi mengamati perilaku pengguna TikTok dalam kurun satu bulan.

Hasilnya menunjukkan bahwa 68 persen pengguna TikTok lebih suka menonton video orang lain. Sedangkan 55 persen mengunggah video mereka sendiri.

9. Semakin Banyak Orang Dewasa di Amerika Serikat Menggunakan TikTok

Pada awal Kuartal keempat 2017, ada 2,6 juta pengguna TikTok dewasa di Amerika Serikat. Kemudian hanya dalam kurun waktu 12 bulan, meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 7,2 juta.

Lalu sejak September 2018, pengguna TikTok di kalangan orang Dewasa Amerika Serikat telah meningkat dua kali lipat mencapai 14,3 juta hanya dalam waktu enam bulan.

10. Jumlah Video yang Ditonton

Pada tahun 2018, setidaknya ada lebih dari 1 juta video yang ditonton oleh pengguna aktif setiap harinya. Seperti yang telah disebutkan, sejak mengakuisisi Musical.ly, TikTok mengalami perkembangan yang sangat pesat.



Simak Video "Dirjen Dukcapil Ini Buktikan TikTok Bisa Bantu Tugas Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)