Ini Dampak Gojek-Tokopedia Merger Buat Pelanggan dan Driver

Ini Dampak Gojek-Tokopedia Merger Buat Pelanggan dan Driver

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 24 Mei 2021 18:50 WIB
Gojek dan Tokopedia resmi merger dan menghasilkan grup GoTo.
Gojek-Tokopedia Merger, Apa Dampaknya untuk Pengguna dan Driver? Foto: Dok. GoTo
Jakarta -

Merger Gojek dan Tokopedia telah diumumkan pekan lalu dan sekarang mereka akan menjalankan program kolaborasi perdananya. Lalu apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh pelanggan dan mitra kedua perusahaan dari merger ini?

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan dengan merger ini mitra merchant di Tokopedia bisa menjangkau pengguna Gojek dan sebaliknya. Selain itu pengguna Gojek dan Tokopedia juga jadi bisa mengakses lebih banyak layanan karena semakin terintegrasi.

"Contohnya kalau dulu customer-nya Tokopedia belanjanya keperluan rumah tangga, fashion, sekarang bisa belanja makanan, bisa pakai transport juga," kata Catherine dalam konferensi pers virtual, Senin (24/5/2021).

"Dengan penggabungan ini kita menyediakan platform yang semakin lengkap lagi untuk konsumen gabungan kita supaya kita bisa membantu kehidupan mereka sehari-hari menjadi lebih mudah lagi," imbuhnya.

Sementara itu, perkawinan antara Gojek dan Tokopedia juga diharapkan akan menambah pengguna baru dan meningkatkan transaksi. Catherine mengatakan dengan meningkatnya transaksi dan permintaan logistik, mitra driver Gojek akan memiliki peluang orderan yang lebih banyak dan pendapatan lebih banyak.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Logistics Gojek Group, Steven Halim mengatakan setelah merger ini Gojek belum berencana untuk mengubah sistem pendapatan mitra driver-nya.

"Untuk sampai saat ini kita belum ada tahap perubahan sistem apapun. Kita masih tetap berjalan, fokus kita memberikan yang terbaik kepada teman-teman pengusaha, kepada mitra driver dan customer kita tentunya," kata Steven.

Gojek dan Tokopedia sendiri baru saja mengumumkan kolaborasi perdananya yaitu program Waktu Indonesia Belanja Spesial Kolaborasi Anak Bangsa pada 25-31 Mei 2021. Catherine mengatakan ini baru gebrakan pertama dan masih banyak rencana yang sudah dipersiapkan.

"Of course ini the first WIB tunggu tanggal mainnya WIB berikutnya," kata Catherine.

"Pasti lebih luar biasa lagi karena persiapannya lebih panjang, pembelajaran kita semakin banyak, semakin heboh, makin erat lagi dan mudah-mudahan impact-nya untuk konsumen, untuk merchant kita, pegiat UMKM dan mitra driver semakin besar lagi ke depannya," pungkasnya.



Simak Video "Total Transaksi GoTo Grup Diklaim Tembus USD 22 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)