Twitter Buka Lagi Program Verifikasi Akun, Ini Cara Dapat Centang Biru

Twitter Buka Lagi Program Verifikasi Akun, Ini Cara Dapat Centang Biru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 22 Mei 2021 18:31 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 07:  In this photo illustration, the Twitter logo and hashtag #Ring! is displayed on a mobile device as the company announced its initial public offering and debut on the New York Stock Exchange on November 7, 2013 in London, England. Twitter went public on the NYSE opening at USD 26 per share, valuing the companys worth at an estimated USD 18 billion.  (Photo by Bethany Clarke/Getty Images)
Twitter Buka Lagi Program Verifikasi Akun, Ini Cara Dapat Centang Biru Foto: GettyImages
Jakarta -

Twitter membuka kembali program verifikasi akun untuk publik setelah sempat sempat dihilangkan selama beberapa tahun. Dengan program ini, semua pengguna yang memenuhi syarat bisa mendaftar untuk mendapatkan centang biru.

Untuk bisa mendapatkan centang biru dari Twitter, pengguna harus memenuhi kriteria yang sudah diperbarui. Akun tersebut harus memenuhi salah satu kriteria dari enam kategori di bawah ini:

  • Pemerintahan
  • Perusahaan, merek dagang, dan organisasi
  • Organisasi berita dan jurnalis
  • Dunia hiburan
  • Olahraga dan gaming
  • Aktivis, penyelenggara acara, dan individu berpengaruh lainnya

Selain itu akun juga harus memiliki profil yang lengkap dengan memasukkan nama, foto profil, dan alamat email atau nomor telepon yang terverifikasi. Akun juga harus aktif dalam enam bulan terakhir dan memiliki catatan kepatuhan terhadap peraturan Twitter.

Lantas bagaimana cara mendaftar untuk mendapatkan centang biru Twitter? Proses ini bisa dilakukan lewat tab Pengaturan Akun di aplikasi Twitter.

Perusahaan berlogo burung ini mengatakan proses pendaftaran ini akan dibuka dalam beberapa minggu ke depan dan akan diluncurkan secara bertahap untuk semua pengguna.

Twitter buka lagi program verifikasi akunCara dapatkan akun Twitter terverifikasi Foto: dok. Twitter

Setelah itu, pilih salah satu kategori yang sesuai dengan akun. Untuk memverifikasi identitas pendaftar, Twitter akan menyediakan tiga metode yaitu dengan memasukkan link ke situs resmi yang menyebut akun Twitter pengguna, alamat email resmi, dan kartu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Setelah mengajukan permohonan verifikasi, pengguna akan mendapatkan tanggapan dari Twitter dalam bentuk email dalam hitungan hari hingga minggu, tergantung jumlah antrian permohonan. Twitter mengatakan proses evaluasi pendaftar akan sepenuhnya ditangani oleh manusia.

Jika pendaftaran verifikasi diterima, pengguna akan langsung menerima tanda centang biru di profil mereka. Jika ditolak, pengguna bisa mengajukan ulang permohonan dalam waktu 30 hari setelah keputusan Twitter diterima, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitter yang diterima detikINET, Sabtu (22/5/2021).

Selain itu, Twitter juga memperlihatkan tampilan baru untuk profil pengguna, termasuk tab About. Tab ini akan memperlihatkan informasi tambahan tentang pemilik akun seperti lokasi, pekerjaan dan tanggal lahir.

Perusahaan besutan Jack Dorsey ini juga mengungkap label baru untuk akun otomatis alias bot. Label ini akan digulirkan pada bulan Juli mendatang.



Simak Video "Cara Bikin Akun Twitter Dapat Tanda Verified "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)