Apple Watch Bisa Dioperasikan Tanpa Sentuhan Jari

Apple Watch Bisa Dioperasikan Tanpa Sentuhan Jari

Josina - detikInet
Jumat, 21 Mei 2021 12:11 WIB
Apple Watch SE
Foto: Apple
Jakarta -

Apple Watch adalah jam tangan pintar yang memiliki tampilan layar sentuh di mana pengguna harus menyentuh jam tersebut untuk dapat mengoperasikannya. Namun nantinya tidak perlu begitu.

Untuk memperluas fitur aksesbilitasnya yang dapat memudahkan penyandang disabilitas menggunakan Apple Watch, Apple mengumumkan kehadiran fitur baru untuk perangkat jamnya yang disebut AssistiveTouch.

"Menggunakan sensor gerak bawaan seperti giroskop dan akselerometer, bersama dengan sensor detak jantung optik dan pembelajaran mesin di perangkat, Apple Watch dapat mendeteksi perbedaan halus dalam gerakan otot dan aktivitas tendon yang memungkinkan pengguna menavigasi kursor di layar melalui serangkaian gerakan tangan seperti cubitan atau kepalan," kata Apple seperti dikutip detiKINET dari Ubergizmo, Jumat (21/5/2021).

Pada dasarnya melalui berbagai gerakan yang dilakukan dengan mengepalkan tangan atau mencubit jari pengguna akan dapat mengontrol Apple Watch.

Hal ini jelas sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki disabilitas namun ini juga berguna bagi mereka yang normal misal ketika tangan dalam kondisi melalukan aktifitas lain atau jika tangan kotor dan tan ingin layar jamnya menjadi kotor.

Fitur ini belum aktif dan akan datang dalam bentuk pembaruan perangkat lunak jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

(jsn/fay)