Internet Explorer Resmi Pensiun Pada 2022

Internet Explorer Resmi Pensiun Pada 2022

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 20 Mei 2021 11:44 WIB
Jakarta -

Microsoft akhirnya bakal mempensiunkan Internet Explorer (IE) pada 2022 mendatang, setelah beroperasi selama lebih dari 25 tahun.

Dipensiunkannya IE ini, tepatnya pada 15 Juni 2022 sepertinya adalah hal yang tepat, karena browser ini sudah tak lagi digunakan oleh pengguna, meski sejak awal pun penggunanya memang tak banyak, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (20/5/2021).

"Kami mengumumkan kalau masa depan Internet Explorer di Windows 10 adalah Microsoft Edge. Aplikasi Internet Explorer 11 versi desktop akan dipensiunkan dan tak lagi mendapat dukungan pada 15 Juni 2022, untuk beberapa versi Windows 10," ujar Sean Lyndersay, program manager Microsoft Edge.

Memang, Windows 10 versi Long-Term Servicing Channel (LTSC) masih tetap menyertakan IE di dalamnya, namun semua Windows 10 versi consumer sudah tak lagi mendukung browser jadul tersebut.

Untuk kebanyakan bisnis, fungsi IE ini bakal digantikan oleh Microsoft Edge, yang punya mode IE beberapa tahun lalu, dan membuat sistem bisa menggunakan browser berbasis Chromium itu untuk mengakses situs yang hanya bisa dibuka dari IE.

Mode IE ini mendukung kontrol ActiveX, yang ternyata masih banyak dipakai di banyak bisnis. Microsoft pun menjanjikan mode IE ini bakal tetap ada di Edge sampai setidaknya pada 2029.

Pensiunnya IE ini sebenarnya sudah bisa ditebak sejak lama. Terutama sejak Microsoft menyetop dukungan IE 11 untuk aplikasi web Microsoft Teams, dan berencana menyetop dukungan dari Microsoft 365, serta layanan online seperti Office 365, OneDrive, Outlook, dan banyak layanan lain.

Pengalihan ini dilakukan menggunakan Internet Explorer Browser Helper Object (BHO) bernama IEtoEdge BHO. Saat sedang menjelajahi internet, BHO ini akan mengecek apakah situs tersebut mendukung IE atau tidak.

Jika ternyata tidak mendukung, BHO akan secara otomatis membuka situs tersebut di Microsoft Edge sekaligus menampilkan pesan berisi, "This website doesn't work with Internet Explorer!"

Setidaknya ada seribu situs yang tak tak bisa dibuka di IE sejak akhir 2020 lalu, di antaranya adalah Twitter, Facebook, Instagram, Google Drive, Microsoft Teams, dan lain-lain.

Sementara sejak 2015 pun Microsoft sudah berusaha membujuk pengguna untuk berhenti menggunakan IE, dan beralih ke Microsoft Edge.

(asj/fay)