Shopee Buka Kampus Ekspor di Solo, UMKM Belajar Jualan Online Gratis

Shopee Buka Kampus Ekspor di Solo, UMKM Belajar Jualan Online Gratis

Bayu Ardi Isnanto - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 16:30 WIB
Solo -

Shopee resmi membuka Kampus UMKM Ekspor di Kota Solo. Pengusaha UMKM dapat memanfaatkan kampus tersebut untuk belajar berjualan online dari nol hingga ekspor.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng oleh Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di depan kantor Shopee, Jalan Hasanudin, Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Dalam sambutannya, Gibran menyambut baik dengan dibukanya Kampus UMKM Ekspor Shopee. Dia berharap UMKM Solo dapat naik kelas hingga bersaing di taraf internasional.

"Ini sangat baik sekali untuk kebaikan UMKM di Solo. Saya nggak pengin UMKM di Solo gitu-gitu aja, saya pengin UMKM bisa naik kelas, bisa membranding produk dengan baik, bisa memilih packaging dengan baik, dan yang paling penting bisa melebarkan sayap ke negara lain," kata Gibran usai peresmian, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, pendampingan dari Shopee akan mempermudah pengusaha untuk melakukan ekspor. Dari kampus tersebut, pengusaha yang baru memulai berjualan pun akan didampingi secara gratis.

Beberapa fasilitas di kampus Shopee ialah mulai dari pengenalan aplikasi Shopee, belajar pengemasan, hingga pemasaran. Pemilik usaha juga bisa melakukan pemotretan produk dengan fasilitas yang disediakan Shopee.

Selain itu, ada sejumlah pelatihan yang bisa diikuti pengusaha sesuai dengan kurikulum yang dibuat Shopee. Pengusaha juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi usaha.

"Sekarang zaman digital kalau melebarkan pasar itu mudah sekali, sudah tidak ada batas. Saya yakin semua bisa memulai usaha benar-benar dari nol dan dikawal dan dibina Shopee," katanya.

Sementara itu, Handhika Jahja menargetkan bisa memiliki 10 ribu eksportir baru di tahun ini. Dia berharap Kampus UMKM Ekspor Shopee juga bisa berkembang di kota-kota lain.

"Semoga bisa mencapai 10 ribu eksportir baru tahun ini. Ini menjadi blueprint yang bisa dicontoh di kota-kota lain bagaimana UMKM bisa naik kelas dengan bimbingan dan kolaborasi secara nyata," pungkasnya.

(prf/fay)