Satu Laptop, Satu Siswa, Bantu Calon Desainer Grafis Andal RI

Satu Laptop, Satu Siswa, Bantu Calon Desainer Grafis Andal RI

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 09 Mei 2021 07:56 WIB
benihbaik.com
Foto: Benihbaik.com
Jakarta -

Sebanyak 70 komputer dan laptop diserahkan oleh BenihBaik.com dan CodingCamp.id untuk sepuluh sekolah menengah kejuruan di SMK Forward Nusantara. Harapannya, bantuan ini bisa menjadi sarana penunjang pendidikan untuk mengakses berbagai materi ajar yang tersedia gratis di internet.

Dalam program bertajuk 'Satu Laptop, Satu Siswa' ini, para siswa juga akan menerima beragam pelatihan komputasi, seperti pelatihan coding dan desain visual, yang akan menjadi penunjang produktivitas dan literasi digital untuk meningkatkan nilai serapan di dunia kerja.

Dalam hal ini, keberadaan ahli coding dinilai sangat penting untuk membangun dan mengembangkan industri digital di Indonesia. Untuk itu, kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam bidang coding juga harus dibentuk sedini mungkin.

Di sisi lain, peran grafis desainer juga dinilai memiliki andil besar dalam kemajuan industri kreatif Tanah Air, di mana mereka berkaitan erat dengan branding, materi tampilan, desain katalog, dan masih banyak lagi. Tentunya, keberhasilan para desainer juga akan memberikan pengaruh besar terhadap subsector ekonomi kreatif lainnya.

benihbaik.comFoto: Benihbaik.com

"Melalui program Satu Laptop, Satu Siswa, kami berharap para siswa sekolah menengah kejuruan dapat meraih mimpinya untuk menjadi tenaga ahli di bidang komputasi dan literasi digital, yang nantinya akan meningkatkan kualitas mereka dalam memenuhi standar industri kerja saat ini," ujar Founder CodingCamp.id Kurie Suditomo dalam pernyataan yang diterima detikINET, Minggu (9/5/2021).

benihbaik.comFoto: Benihbaik.com

Dalam implementasi program pertama ini, masyarakat melalui dana publik dan korporasi di tautan BenihBaik.com untuk kampanye program ini, bergotong royong mengumpulkan donasi serta perangkat laptop, notebook dan komputer untuk sepuluh SMK yakni: SMK Al Ihsan, SMK Forwad Nusantara, SMK Multicomp, SMK Pelita Ilmu, SMK Salafiyah Syafi'iyyah, SMK Walisongo 2, SMK Wisata Harapan Masa, SMK Broadcast Mahardika, SMK Kesehatan Bhakti Insani, dan SMK Tunas Multi Raya.

"Terima kasih kepada banyak pihak yang telah mewujudkan 70 komputer dan laptop untuk 10 sekolah ini. Sarana yang telah diberikan pasti akan bermanfaat. Dan kami menunggu, tidak lama lagi akan lahir desainer grafis yang andal di Indonesia. Kita akan semakin mampu bersaing dengan negara lain di banyak sisi, termasuk kreativitas," kata CEO dan founder BenihBaik.com Andy F Noya.



Simak Video "Peluang Ekosistem Digital di Balik Program Laptop Gratis Kemdikbud"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)