Ikon Jadul Era Windows 95 Segera Dipensiunkan

Ikon Jadul Era Windows 95 Segera Dipensiunkan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 07 Mei 2021 22:30 WIB
Ikon baru Windows 10
Foto: Dok. Windows Latest
Jakarta -

Microsoft bakal segera mempensiunkan ikon-ikon di Windows 10 yang tak berubah sejak era Windows 95.

Perusahaan software raksasa itu memang sudah mulai menyegarkan tampilan di Windows 10 secara perlahan, sebagai bagian dari program 'sweeping visual rejuvenation' yang mereka rencanakan untuk akhir tahun 2021 ini.

Pada Maret lalu Microsoft sudah mulai memperkenalkan ikon sistem baru, termasuk ikon untuk File Explorer, folder, Recycle Bin, disk drive, dan lainnya. Kini Microsoft berencana untuk memperbarui ikon-ikon era Windows 95 yang masih bertebaran di Windows 10.

Dilansir Windows Latest, Jumat (7/5/2021), ikon yang diperbarui itu antara lain adalah mode hibernasi, networking, memory, floppy drives, dan banyak ikon lain yang menjadi bagian dari file shell32.dll.

File DLL ini adalah bagian penting dari Windows Shell, yang memunculkan ikon dalam bermacam boks dialog di sistem operasi tersebut. File ini juga yang membuat ikon di Windows tak konsisten selama beberapa tahun terakhir.

Pasalnya Microsoft seringkali memperbarui hanya beberapa bagian dari sistem operasi. Alhasil beberapa aplikasi yang menggunakan data dari shell32.dll tersebut masih menggunakan ikon jadul.

Nah, pembaruan yang akan datang untuk Windows 10 ini diharapkan bisa meningkatkan konsistensi tampilannya, yang punya kode Sun Valley. Perubahan visual ini diperkirakan akan muncul pada pembaruan Windows 10 21H2 yang dirilis Oktober mendatang.

Microsoft juga sebelumnya membuka lowongan pekerjaan baru untuk divisi Sun Valley ini, di mana mereka mendeskripsikan pekerjaan tersebut sebagai memberikan penyegaran visual di Windows.

Informasi lebih lanjut mengenai Sun Valley ini diperkirakan akan dijelaskan Microsoft dalam konferensi Microsoft Build pada akhir Mei mendatang.



Simak Video "Microsoft Berniat Caplok Aplikasi Discord "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)