Harta Gono Gini Bill Gates dan Melinda Gates yang Fantastis!

Harta Gono Gini Bill Gates dan Melinda Gates yang Fantastis!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 12:08 WIB
SUN VALLEY, ID - JULY 11:  Billionaire Bill Gates, chairman and founder of Microsoft Corp., and his wife Melinda attend the Allen & Company Sun Valley Conference on July 11, 2015 in Sun Valley, Idaho. Many of the worlds wealthiest and most powerful business people from media, finance, and technology attend the annual week-long conference which is in its 33rd year.  (Photo by Scott Olson/Getty Images)
Bill Gates dan Melinda Gates. Foto: Scott Olson/Getty Images
Jakarta -

Bill Gates dan Melinda Gates bercerai setelah 27 tahun menikah. Dengan kekayaan melimpah, urusan soal harta gono gini mereka pun menarik perhatian publik. Masalah pembagian aset mereka mungkin akan menjadi yang terbesar sejak perceraian Jeff Bezos dan MacKenzie di 2019.

Bagaimana tidak, Bill Gates konsisten masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes. Ia kini berada di urutan ke-4 dengan kekayaan bersih sekitar USD 130,5 miliar atau sekitar Rp 1.884 triliun lebih. Untuk Melinda, ia memiliki kekayaan bersih sekitar USD 70 miliar (Rp 1.010 triliun).

Mulai dari rumah, pasangan yang bertemu di Microsoft ini memiliki rumah utama di negara bagian Washington, pinggiran Seattle, properti lain di Florida, California, Massachusetts, dan Wyoming.

Paling terkenal adalah Xanadu 2.0 yang lahannya dibeli Gates pada 1988 dengan harga USD 2 juta. Ia menghabiskan waktu hingga 7 tahun untuk membangun rumah tersebut dengan biaya mencapai USD 63 juta.

Rumah ini luasnya lima hektar. Terdapat tujuh kamar tidur, 18 kamar mandi, bioskop rumah art deco untuk kapasitas 20 orang, aula besar, tak ketinggalan perpustakaan yang sangat sangat luas mengingat Bill Gates sangat gemar membaca. Disebut-sebut, ada juga sungai buatan yang berisi ikan salmon, trout, sampai pantai dan pasir yang memang diimpor dari Karibia.

Founder Microsoft Bill Gates saat ini menduduki orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan sebesar US$ 90 miliar seperti dikutip dari Forbes. Tentu dengan jumlah kekayaan sebesar itu, Bill Gates mampu memiliki hunian yang sangat megah seluas 66.000 kakiFounder Microsoft Bill Gates memiliki hunian yang sangat megah seluas 66.000 kaki Foto: Istimewa/Businessinsider.sg

Tak hanya itu, mereka pun memiliki jet pribadi dan memiliki yayasan. Paling terkenal adalah Bill and Melinda Gates Foundation yang ditujukan untuk menuntaskan masalah kesehatan global, sebagaimana melansir Daily Mail, Selasa (4/5/2021). Sementara itu, Melinda memiliki organisasi sendiri bernama Pivotal Ventures untuk menampung ide yang tidak selaras dengan Gates Foundation.

Belum lagi kekayaan Gates di Wellington, Florida, berupa peternakan besar yang kerap dikunjungi Jennifer Gates untuk berkuda. Ini saja nilainya sudah mencapai USD 59 juta.

Tetapi satu yang pasti, Gates bersama sahabatnya Warren Buffet telah berjanji akan memberikan sebagian besar harta mereka melalui The Giving Pledge yang kebetulan mereka dirikan sendiri.

Bill Gates sendiri sudah menyebutkan bahwa ia tidak akan memberikan anak-anaknya harta yang melimpah, melainkan secukupnya untuk membantu mereka menciptakan jalan mereka masing-masing. Kemungkinan tiap anak hanya menerima USD 10 juta. Tentu tidak sebanding dari kekayaan yang dimiliki keluarga Gates saat ini.

Dari kekayaan yang disebutkan di atas, belum diketahui jumlah harta gono gini yang akan didapatkan masing-masing pihak. Tapi tetap saja nilainya akan sangat bombastis karena mereka merupakan pasangan dengan kekayaan tinggi di masa sekarang.



Simak Video "Usai Bercerai, Begini Nasib Yayasan Bill Gates dan Melinda"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)