Tokopedia Ungkap 5 Program Pengembangan Talenta Digital RI

Tokopedia Ungkap 5 Program Pengembangan Talenta Digital RI

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Sabtu, 01 Mei 2021 20:12 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Kebutuhan talenta digital di Indonesia meningkat seiring dengan perkembangan industri teknologi. Oleh sebab itu, perlu disiapkan SDM yang kompeten di bidang tersebut.

Pembentukan talenta digital yang kompeten salah satunya dilakukan Tokopedia. Marketplace dengan warna dominan hijau ini berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengasah talenta digital.

"Contohnya melalui Tokopedia Academy, wadah untuk mengasah talenta digital Indonesia demi mendorong terciptanya lebih banyak inovasi yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat, dan secara umum memajukan industri teknologi dalam negeri," jelas Tokopedia Academy Lead Siti Fauziah dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/5/2021).

Setidaknya terdapat lima program di bawah naungan Tokopedia Academy yang mendukung perkembangan talenta digital Indonesia. Siti menyatakan program-program tersebut sekaligus menjadi bentuk dukungan Tokopedia terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Menjelang peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei, Tokopedia menegaskan kembali lima program yang telah dan masih dijalankan saat ini.

1. Tokopedia Goes to Campus

Dalam program ini, sejumlah mahasiswa mengikuti sharing session bersama para ahli teknologi Tokopedia untuk mengasah keterampilan sebelum berkarir di perusahaan teknologi.

"Selama Februari-April 2021, tercatat ribuan peserta dari ratusan universitas di Indonesia maupun luar negeri mengikuti program ini," ulas Siti.

2. START Summit

Konferensi teknologi tahunan Tokopedia ini menjadi wadah bagi para pegiat teknologi untuk saling bertukar wawasan dan pengalaman guna membentuk ekosistem yang kolaboratif.

"Pertama kali diadakan pada Februari 2020 lalu, START Summit diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta dan ditonton lebih dari 50.000 penonton di Tokopedia Play," jelas Siti.

Selain itu, Tokopedia juga menggelar START Summit Extension yang merupakan kelanjutan dari START Summit yang diadakan setiap bulan. Ada juga acara tahunan START Women in Tech yang mewadahi para talenta digital perempuan demi menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berkarir di bidang teknologi.

3. Product Design Academy

Para talenta digital, terutama di bidang product design, dapat meningkatkan keterampilan teknis dalam merancang produk secara lebih komprehensif melalui program 9 bulan ini. Selain mendapatkan kurikulum pembelajaran dari mentor, peserta juga bisa terlibat dalam pengembangan produk bersama berbagai tim di Tokopedia.

4. Tokopedia DevCamp

DevCamp adalah program pelatihan Tokopedia berupa hackathon intensif selama 6 hari untuk meningkatkan kemampuan talenta digital, khususnya mahasiswa tingkat akhir sampai fresh graduate, dalam mengembangkan produk digital.

5. Kolaborasi dengan Universitas

Tokopedia melalui Tokopedia Academy telah bekerja sama dengan berbagai instansi pendidikan. Salah satunya Universitas Indonesia untuk meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan AI pertama di Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga berkolaborasi dengan Unika Atma Jaya untuk pembuatan dan penerapan modul mata kuliah e-commerce.

"Ketersediaan, kesiapan dan kematangan talenta digital menjadi beberapa kunci mewujudkan ekosistem industri teknologi yang mampu berdaya saing global. Tokopedia akan berkolaborasi lebih gencar dengan para mitra strategis demi memajukan industri teknologi tanah air," kata Siti.

(ncm/fay)