Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Netizen: Selamat Jalan Pahlawan

Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Netizen: Selamat Jalan Pahlawan

Tim - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 18:40 WIB
KRI Nanggala 402
Seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur. Foto: FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaporkan hasil pencarian KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Hadi menyampaikan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur. Berita ini langsung meramaikan media sosial dan membuat netizen sangat berduka cita.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ujar Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

"Kita benar-bebar Berduka. Selamat jalan para PAHLAWAN" tulis sebuah komentar. "Husnul Khotimah para pahlawan bangsa, terima kasih.. Beristirahatlah dengan tenang #PrayForKRINaggala402," demikian salah satu ungkapan duka di linimasa. "Pahlawan bangsa telah gugur #PrayForKRINanggala402 Terima kasih telah menjaga kedaulatan NKRI"

"#KRINanggala402 ditemukan di kedalaman 838 meter, Panglima TNI sebut seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur. On Eternal Patrol. Fair Wind and Following Seas, sailors! RIP all crews KRI 402Rose,"

Netizen pun melayangkan doanya sekaligus meminta yang lain melakukan hal serupa demi para tentara yang telah gugur.

"Turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan. semoga 53 pahlawan yang gugur mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan ketabahan. aamiin. mari berdoa buat semuanya, Al Fatihah. #PrayForKRINaggala402,"

"Kalau bumi tidak lagi jadi pelabuhan mu, semoga surga menjadi dermaga terakhirmu. REST IN PEACE, 53 putra bangsa!!"

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyebut KRI Nanggala-402 dinyatakan terbelah menjadi 3. Yudo mulanya menyampaikan pencarian KRI Nanggala-402 dilakukan oleh KRI Rigel dengan menggunakan multibeam echosounder untuk mendeteksi citra bawah air.

Pendeteksian itu juga dibantu oleh MV Swift Rescue dari Singapura. MV Swift Rescue mengeluarkan ROV untuk menindaklanjuti kontak bawah air.



Simak Video "Baju Keselamatan Awak KRI Nanggala-402 Belum Sempat Dipakai"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)