Bill Gates: Teknologi Sekarang Tidak Bisa Lawan Perubahan Iklim

Bill Gates: Teknologi Sekarang Tidak Bisa Lawan Perubahan Iklim

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 03:45 WIB
Bill Gates kutu buku
Bill Gates: Teknologi Sekarang Tidak Bisa Lawan Perubahan Iklim Foto: Facebook
Jakarta -

Bill Gates menjadi salah satu pembicara di Leaders Summit on Climate yang diselenggarakan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Dedengkot Microsoft itu membagikan tiga langkah yang harus dilakukan pemimpin dunia untuk menghindari bencana iklim.

Dalam pidatonya, Gates mengatakan upaya memerangi perubahan iklim hampir tidak mungkin tercapai menggunakan teknologi yang ada saat ini. Alasannya karena hampir semua teknologi nol karbon saat ini lebih mahal dari teknologi yang menggunakan bahan bakar.

"Untuk menyediakan keuntungan gaya hidup modern untuk orang-orang di seluruh dunia, kita membutuhkan produk nol karbon baru yang juga terjangkau - yang memiliki apa yang saya sebut sebagai Green Premium nol," kata Gates dalam pidatonya, seperti dikutip dari blog pribadinya, Minggu (25/4/2021).

Gates mengakui bahwa menciptakan produk seperti ini akan sulit. Untuk beralih ke ekonomi hijau, ia menyarankan pemimpin dunia untuk mengambil tiga langkah penting.

Pertama, mengembangkan dan menerapkan teknologi terobosan baru yang bisa mengurangi emisi di aktivitas ekonomi. Kedua, memanfaatkan kekuatan pasar untuk mendanai dan menerapkan inovasi ini.

Terakhir, pemerintah dan perusahaan harus mengadopsi kebijakan yang bisa mewujudkan transisi ini dengan lebih cepat dan murah. Pemimpin dunia juga harus memberikan penghargaan untuk mereka yang bisa mengambil langkah berani.

Untuk mencapai tiga hal ini, Gates meminta pemimpin dunia untuk berkolaborasi. Salah satunya lewat Mission Innovation di mana negara-negara bekerja sama untuk memperluas investasi mereka di penelitian energi bersih.

Co-chair Bill & Melinda Gates Foundation ini juga memiliki inisiatif baru bernama Breakthrough Energy Catalyst yang akan mengumpulkan dana dari pemerintahan, filantropi, dan perusahaan untuk mendanai teknologi hijau baru ini.

"Dengan mengambil langkah seperti ini untuk menciptakan struktur pendanaan yang memungkinkan produk ramah lingkungan untuk sukses, kita bisa membangun industri dan perusahaan baru yang mendukung komunitas di seluruh dunia dengan pekerjaan bagus sambil bertransisi ke ekonomi hijau," kata Gates.

"Jika kita mengambil semua langkah ini bersama-sama, saya yakin kita bisa menghindari bencana iklim," pungkasnya.



Simak Video "Awal Pertemuan Bill Gates dan Melinda di Microsoft hingga Punya 3 Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)