Netizen Sempat Bingung IndiHome atau Google yang Down

Netizen Sempat Bingung IndiHome atau Google yang Down

Tim - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 13:15 WIB
A woman holds her smart phone which displays the Google home page, in this picture illustration taken February 24, 2016. A U.S. Jury handed Google a major victory May 26, 2016 in a long-running copyright battle with Oracle Corp over Android software to run most of the worlds smartphones.  REUTERS/Eric Gaillard/Illustration/Files     TPX IMAGES OF THE DAY
Logo Google. Foto: Reuters
Jakarta -

Netizen mendadak ramai mengeluhkan layanan Google banyak yang tidak dapat diakses, dari Gmail, YouTube, Gdrive sampai Gmeet. Sempat terjadi kebingungan di kalangan pengakses internet tentang apakah jaringan IndiHome yang bermasalah atau Google down.

Mungkin karena banyak yang memakai IndiHome sehingga ada yang menarik kesimpulan jaringan penyedia layanan internet milik Telkom itu yang bermasalah. "Layanan google atau jaringan Indihome down?" sebut seorang netizen.

"Gw bingung antara Google yg down atau Indihome yang lemot," tulis komentar berikutnya. Namun kemudian, sebagian netizen mulai menyadari layanan Google yang bermasalah.

"Aku udah maki maki indihome, ternyata yg down emang server nya google," "IndiHome aku aman2 aja, yang down google and timnya nih," begitu sebagian postingan terbaru mengenai persoalan ini.

Pihak IndiHome juga memberikan penjelasannya. "Apakah koneksi lambat dirasakan saat mengakses Youtube/Google Kak ? jika benar, Zefa informasikan saat ini sedang terjadi down dari Google (Youtube, Gmail, Hoogle, dll) yang menyebabkan tidak bisa akses YouTube menggunakan semua ISP (Baik itu IndiHome atau jaringan Internet yang lain). Terima kasih," tulis mereka di Twitter.

Layanan Google down diperkuat oleh laporan dari DownDetector, situs yang biasa mengumumkan terjadinya masalah di situs populer.

Situs Down Detector melacak cukup banyak laporan dari berbagai negara soal layanan Google bermasalah. Tampak netizen dari Indonesia, Malaysia dan Singapura mengeluhkannya seperti terlihat dalam peta ini.

Saat ini, layanan Google masih terpantau bermasalah bagi sebagian netizen. Belum diketahui apakah yang menjadi penyebab Google down, mungkin terkait server. Pihak Google belum memberikan penjelasan. Sebelumnya, layanan Google juga pernah mengalami persoalan seperti ini.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)