Profil Bos Tencent Ma Huateng, Orang Terkaya di China

Profil Bos Tencent Ma Huateng, Orang Terkaya di China

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 09:02 WIB
Ma Huateng
Profil Ma Huateng bos Tencent. Foto: Reuters
Jakarta -

Bos Tencent Ma Huateng menjadi orang terkaya di China. Hartanya mencapai USD 63,4 miliar atau setara dengan Rp 921 triliun.

Sosok Ma Huateng semakin dikenal khususnya di kalangan masyarakat Indonesia setelah namanya diseret sebagai paman salah satu seleb TikTok, Sisca Kohl, meski belum ada konfirmasi mengenai kabar ini. Dirangkum detikINET, ini dia profil CEO Tencent Holdings Ma Huateng.

Lulusan ilmu komputer

Ma Huateng kelahiran 29 Oktober 1971 di Guangdong, China. Ia merupakan lulusan ilmu komputer dari Shenzen University. Panggilannya adalah Pony Ma.

Di usia yang ke-27 tahun, ia merintis Tencent bersama keempat temannya. Tepatnya pada tahun 1998. Ia pun sukses membangun Tencent, terbukti dari aplikasi besar seperti WeChat yang kini mendapatkan 1 miliar pengguna.

Tencent lebarkan sayap

Seperti diulas The Famous People, Tencent melonjak dengan cepat. Tencent menjadi penyedia layanan pesan instan terbesar pada tahun 2004, dengan 74% saham di pasar China. Perusahaan berhasil dengan cepat mengumpulkan USD 200 juta, menjadikan Ma salah satu pengusaha China terkaya.

Pada tahun 2004, otak pemasaran Ma yang tajam menemukan banyak ide segar terkait game online. Pada waktu yang sama, Ma berpikir untuk menjelajah ke zona e-commerce. Tahun 2005, Ma meluncurkan Paipai.com, pesaing platform e-commerce terbesar di China, Alibaba.com.

Bagian terbesar dari kesuksesan Ma berasal dari video game online, yang telah menjadi pasar utama pada tahun 2010-an dikarenakan akses internet menjadi lebih mudah pada saat itu. Tencent Games, sebuah divisi Tencent, bekerja untuk pengembangan video game di bawah Tencent Interactive Entertainment. Didirikan pada tahun 2003, Tencent Games menjadi perusahaan video game terbesar di dunia pada tahun 2018. Usaha lain dari Tencent termasuk Tenpay (sistem pembayaran online) dan Tencent Pictures (perusahaan produksi film).

Low-profile

Kebalikan dari rivalnya Jack Ma, Ma Huateng terkenal memiliki pribadi yang lebih tertutup sebagaimana mengutip Forbes. Tapi bukan berarti ia dapat dianggap sebelah mata.

Nama Ma Huateng sempat masuk dalam daftar 'The 100 Most Influential People in the World' pada tahun 2007, 2014, dan 2018. Ia juga pernah masuk daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2017.



Simak Video "Deretan Game Tencent Balik Lagi di Huawei Apps Store"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)