Tak Jadi Dibatasi, Google Meet Gratis Diperpanjang Sampai Akhir Juni

Tak Jadi Dibatasi, Google Meet Gratis Diperpanjang Sampai Akhir Juni

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 31 Mar 2021 22:42 WIB
Google Meet
Tak Jadi Dibatasi Besok, Google Meet Gratis Diperpanjang Sampai Akhir Juni Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Google Meet tidak jadi membatasi layanan gratisnya menjadi satu jam pada 1 April 2021. Untuk kesekian kalinya, layanan gratis Google Meet diperpanjang hingga 30 Juni 2021. Wah, mesti dimanfaatkan sebaik mungkin nih.

Perpanjangan ini diumumkan langsung oleh Google Workspace lewat akun Twitter resminya. Dengan perpanjangan ini, semua pengguna akan bisa melakukan konferensi video di Google Meet hingga 24 jam sehari tanpa dipungut biaya.

"Kami melanjutkan panggilan #GoogleMeet tidak terbatas (hingga 24 jam) di versi gratis sampai akhir Juni 2021 untuk akun Gmail," tulis akun Google Workspace, seperti dikutip dari 9to5Google, Rabu (31/3/2021).

Google Meet pertama kali digratiskan untuk semua pengguna Google sejak April 2020 untuk membantu pengguna yang harus belajar dan bekerja dari rumah karena pandemi COVID-19. Layanan gratis ini memungkinkan konferensi video hingga 24 jam sehari dengan 100 partisipan.

Saat itu Google mengumumkan layanan gratis ini akan dibatasi menjadi 60 menit dalam sehari pada 30 September 2020. Tapi untuk menyambut musim libur akhir tahun, layanan gratis ini diperpanjang hingga 31 Maret 2021.

Google belum mengungkap rencana selanjutnya setelah periode perpanjangan ini berakhir. Jika tidak lagi diperpanjang, maka pengguna Google Meet harus membayar kalau ingin melakukan panggilan tanpa batas.

Untuk varian berbayar, ada Google Workspace Essentials dengan biaya USD 8. Pengguna paket ini bisa melakukan konferensi video tanpa batas durasi dengan jumlah peserta maksimal 150 orang.

Namun jika dibandingkan dengan Zoom, durasi yang ditawarkan Google lewat Google Meet ini sedikit lebih lama. Zoom sendiri sejak awal membatasi penggunaan layanan gratisnya, yaitu durasi maksimal 40 menit untuk setiap konferensi video.



Simak Video "Mulai 1 April 2021, Google Meet Gratis Bakal Dibatasi Cuma 1 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)