Keren! Drone Meleleh Demi Abadikan Lava Vulkanik

Keren! Drone Meleleh Demi Abadikan Lava Vulkanik

Josina - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 19:57 WIB
Ilustrasi Drone
Foto: (iStock)
Jakarta -

Dengan drone seorang fotografer ataupun videografer mampu mengabadikan momen yang diambil dari area yang sulit dijangkau bahkan berbahaya sekalipun. Seperti yang dilakukan oleh Garðar Ólafs seorang pilot drone yang sukses mengabadikan penampakan lava vulkanik di atas gunung berapi yang meletus di Islandia.

Mengutip dari Digital Trends, Ólafs menerbangkan drone-nya yang sengaja diarahkan untuk mendekati gunung Fagradalsfjall sekitar 24 km barat daya ibu kota Islandia, Reykjavik.

Ia pun merekam bagaimana penampakan letupan lava jika terlihat dari atas hingga suara-suara dentuman dari gunung tersebut dan merah panasnya lava tersebut. Hasilnya pun membuat mata terkagum dan takjub.

"Saya menerbangkan drone saya di sekitar letusan dan memutuskan akan sangat menyenangkan untuk melihatnya langsung dari atas," Ólafs mengatakan kepada PetaPixel.

"Saya perlahan-lahan menurunkan drone sampai yang saya lihat hanyalah letusan lahar dan ketika saya melihat ke atas, saya tidak melihat drone itu lagi. Pada dasarnya, saya berada di dalam kawah gunung berapi. " lanjutnya.

Saat diterbangkan ia menyadari bahwa drone-nya mungkin tidak akan bertahan lebih lama jika posisinya masih terus berdekatan di area lava gunung dan dengan segara ia pun menerbangkan kembali ke titik peluncuran-nya.

Panasnya lava tersebut membuat sebagian mesinnya meleleh meski demikian ia beruntung masih tetap membawah pulang drone DJI-nya meski sebagiannya meleleh. Ia pun sudah tahu resiko meleleh pun akan terjadi pada drone-nya.

Ia mengatakan panas dari gunung berapi melelehkan cahaya di bagian bawah drone dan juga merusak sensor penghindaran rintangan. Ia pun tidak terlalu peduli dengan sensor-sensor itu.

Saat drone coba diterbangkan kembali, mesin sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Sejumlah pesan kesalahan muncul selama penerbangan.

Ólafs yang tinggal di dekat gunung berapi di wilayah Reykjanes, merasa harus menerbangkan drone-nya di atas letusan untuk menangkap citra dramatis dari keajaiban alam yang luar biasa.

"Rasanya istimewa ada gunung berapi yang meletus 15 menit dari rumah saya," tulis Ólafs dalam pesan di akun Instagram-nya.

"Reykjanes selalu menjadi bagian Islandia yang diremehkan, tapi hari ini mungkin bagian yang paling dikenal, lucu bagaimana hal-hal bisa berubah dalam satu malam," ungkapnya.



Simak Video "Militer Iran Pamer Pasukan Drone Besar-besaran"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)