Aplikasi Ini Jadi Solusi Kerja Work From Home Makin Produktif

Aplikasi Ini Jadi Solusi Kerja Work From Home Makin Produktif

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 14:51 WIB
Close up photo of men using phone and laptop in the office
Foto: Getty Images/iStockphoto/Jokic
Jakarta -

Pandemi COVID-19 sudah genap satu tahun ada di Indonesia. Penambahan kasus positif pun masih belum melandai hingga saat ini. Meski vaksin COVID-19 sudah mulai didistribusikan, tapi untuk mencapai herd immunity masih memerlukan waktu yang cukup lama.

Hal ini yang membuat sebagian besar karyawan atau pekerja di Indonesia masih harus membatasi aktivitas dengan cara bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sistem kerja ini memiliki berbagai manfaat seperti hemat biaya dan waktu.

Namun, di sisi lain keterlibatan karyawan dalam perusahaan dan komunikasi dalam bekerja juga menjadi terhambat. Hal itu akan berpengaruh pada produktivitas dan profitabilitas perusahaan.

Sebuah studi menemukan, karyawan yang memiliki keterlibatan tinggi di perusahaan akan lebih produktif hingga 45% dan jika mereka percaya dengan tujuan perusahaan maka akan mengalami peningkatan produktivitas hingga 55%. Perusahaan sebaiknya berusaha semaksimal mungkin untuk membuat karyawan lebih terlibat jika ingin meningkatkan produktivitas karyawan.

Tetapi, upaya perusahaan meningkatkan keterlibatan karyawan umumnya terhambat pekerjaan administratif HRD yang sulit dan proses birokrasi yang cukup memakan waktu. Jika perusahaan menggunakan HRIS seperti GreatDay HR, proses pengerjaan administrasi dapat dilakukan dengan lebih cepat.

HRIS atau Human Resource Information System merupakan software atau perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan mengelola berbagai kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya manusia atau SDM. Kehadiran, penggajian, cuti, hingga evaluasi kinerja karyawan dapat dilakukan dengan lebih mudah menggunakan HRIS.

GreatDay HR adalah salah satu HRIS terbaik di Indonesia yang memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman mengembangkan bidang HR dan menyelesaikan berbagai masalahnya. Terdapat berbagai macam fitur yang dimiliki oleh GreatDay HR yang dapat membantu perusahaan menyelesaikan proses administrasi HR dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Mempermudah komunikasi untuk meningkatkan kolaborasi fitur utama dan terbaru yang ditawarkan oleh GreatDay HR untuk meningkatkan keterlibatan karyawan adalah media sosial internal. Founder dan CEO GreatDay HR, Gordon Enns, memahami betapa pentingnya keterlibatan karyawan pada waktu yang tidak menentu ini.

"Kami memahami bahwa keterlibatan karyawan adalah hal krusial untuk kelancaran berjalannya sebuah perusahaan, terutama pada masa seperti ini. Oleh karena itu, GreatDay HR mengembangkan fitur media sosial internal yang dapat mempermudah komunikasi dan kolaborasi antar anggota dan memberikan kanal untuk selebrasi dari sebuah prestasi untuk semua anggota perusahaan," kata Gordon dalam keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Media sosial internal ini memiliki fungsi chat yang dapat mempermudah interaksi antarkaryawan dan antara karyawan dengan perusahaan. Selain itu, karyawan dan perusahaan juga dapat mengunggah berbagai pencapaian yang telah mereka raih serta update status lainnya yang dapat dilihat oleh semua anggota perusahaan.

Mengelola kinerja karyawan secara langsung pengelolaan performa karyawan sebaiknya dilakukan saat mereka membutuhkannya untuk memastikan kinerja mereka tetap terjaga. Menurut Gordon, GreatDay HR dapat membantu perusahaan melakukan hal tersebut.

Dengan GreatDay HR, lanjutnya, perusahaan dapat memberikan pekerjaan kepada karyawan, mengomentari tugas tersebut, dan menyampaikan pujian. Semua secara instan dan dapat langsung dilihat di dalam aplikasi.

Jika perusahaan membutuhkan bukti fisik pekerjaan, maka karyawan cukup memotret pekerjaannya dan mengunggah ke dalam aplikasi dengan fitur activity recording yang sudah lengkap dengan data lokasi.

Semua Pekerjaan Admin HR Selesai Hitungan Detik

Tugas-tugas HRD yang bersifat administrasi umumnya rentan terjadi kesalahan dan membutuhkan waktu cukup lama untuk dikerjakan. Baik dari kesalahan pengisian data atau adanya formula yang salah, dapat dikatakan bahwa penyebab kekeliruan pada pekerjaan administrasi terlampau banyak dan dapat membuat divisi HR kebingungan.

GreatDay HR dapat membantu perusahaan melakukan tugas administrasi dari mulai kehadiran hingga penggajian dapat dikerjakan lebih cepat dan akurat dari sebelumnya berkat integrasi secara penuh dari semua fungsi.

Benefit personal yang mendukung manfaat profesional GreatDay HR juga memiliki beberapa fitur baru yang memiliki dampak besar terhadap kehidupan pribadi karyawan dan mendukung berbagai manfaat yang mereka dapatkan secara profesional.

Apabila karyawan membutuhkan pinjaman uang secara mendadak, maka mereka dapat menggunakan GreatDay Cash Advance. Semakin meningkatnya kemudahan yang ditawarkan oleh dunia digital meningkatkan kebutuhan transaksi online.

Dengan GreatDay Top Up & Bill, karyawan dapat melakukan transaksi online apa pun dengan lebih mudah. Karyawan juga dapat mengirimkan upah yang mereka dapatkan ke bank apapun tanpa biaya administrasi dengan GreatDay Transfer.

Selain berbagai keuntungan yang telah disebutkan di atas, terdapat fitur-fitur lain yang berguna bagi perusahaan dan karyawan. Mulai dari memonitor lokasi karyawan secara real-time, merekam kehadiran dengan swafoto (selfie) yang dilengkapi teknologi pengenalan wajah, hingga slip gaji yang dapat dilihat melalui smartphone karyawan.

(fhs/fay)