7 Aplikasi Andalan Untuk Kerja dari Rumah karena Corona

7 Aplikasi Andalan Untuk Kerja dari Rumah karena Corona

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 17 Mar 2020 08:05 WIB
ilustrasi komputer
7 Aplikasi Andalan Buat yang Harus Kerja dari Rumah karena Corona. (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Bekerja dari rumah jadi salah satu solusi untuk menghambat penyebaran virus corona atau COVID-19 karena menghindari keramaian dan bertemu banyak orang. Dengan kecanggihan teknologi, hal ini bukan masalah.

Asalkan setiap anggota tim sadar akan keamanan cyber, menjaga komunikasi dan bertanggung jawab dengan tugas masing-masing, pekerjaan bisa tetap lancar dan tak perlu bertatap muka, karena koordinasi bekerja bisa dilakukan secara online.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk bekerja dari rumah yang bisa kalian andalkan.

WhatsApp

WhatsApp jadi aplikasi pesan instan paling umum dipakai saat ini. Aplikasi chat ini akan memudahkan komunikasi dengan tim kerja, selain juga bisa berbagi file, foto, dan video.

Kalian juga bisa memaksimalkan komunikasi dengan berinteraksi satu sama lain tak hanya lewat chat, tetapi juga melakukan panggilan suara, voice note, atau kalau perlu video call grup.

Alternatif lain dengan fungsi sama namun lebih ditujukan untuk komunikasi tim agar lebih rapi, kalian bisa coba Slack. Selain bisa digunakan untuk berkirim pesan secara realtime, kalian juga bisa saling melihat proses dalam pengerjaan proyek, berbagi berkas, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim.

Gmail

Email akan menyimpan pesan korespondensi dengan aman. Karena ada beberapa hal yang tidak cukup disampaikan lewat pesan instant, dan akan lebih rapi dan mudah ditelusuri lagi jika menggunakan email. Aplikasi email yang bisa kalian gunakan beragam, mulai dari Gmail hingga Outlook.

Skype for Business

Pada dasarnya Skype for Business punya fungsi hampir sama dengan WhatsApp. Namun karena memang dirancang untuk bekerja, Skype for Business memungkinkan penggunanya melakukan panggilan suara, conference call dan berbagi pesan dan dokumen dengan mulus.

Kita bisa menambahkan hingga 250 orang untuk melakukan rapat online, menyediakan keamanan kelas enterprise, memungkinkan kalian mengelola karyawan account, dan diintegrasikan ke dalam aplikasi kantor kalian.

Alternatif yang mirip Skype for Business adalah Zoom. Dengan aplikasi ini, semua tim bisa melakukan komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan audio yang baik. Zoom bisa digunakan di smartphone, tablet, dan desktop komputer atau laptop. Tidak hanya fitur video conference, Zoom juga bisa dipakai untuk kirim pesan teks, foto, audio, dan video.

Google Docs

Google Docs merupakan salah satu layanan gratis dari Google untuk digunakan sebagai program pengolah kata, spreadsheet, presentasi, hingga penyimpanan data yang berbasis web. Google Docs sangat memungkinkan kalian mengedit file secara online saat berkolaborasi dengan orang lain secara real time.

Trello

Selain menggunakan Google Docs, kolaborasi pekerjaan juga bisa dengan memanfaatkan Trello. Aplikasi ini akan memudahkan kalian bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim saat melakukan proyek bersama.

Trello akan membantumu menyusun rencana kerja dan menyelesaikannya secara bersama-sama dengan sejumlah fiturnya yaitu Board, List, dan Card.

Google Drive

Perlu mengirim file berukuran besar? Kalian bisa manfaatkan Google Drive. Layanan penyimpanan cloud milik Google ini memudahkan kalian menyimpan file melalui internet, sehingga dokumen tidak akan hilang selama kalian mengetahui email dan password. Kalian juga bisa dengan mudah membaginya ke orang-orang yang dituju. Aplikasi serupa lainnya yang punya fungsi sama, kalian bisa gunakan Dropbox atau WeTransfer.

YouTube

Karena tidak bisa mengadakan acara secara offline, beberapa perusahaan mungkin merasa perlu melakukan siaran live streaming. Untuk kebutuhan ini, kalian bisa mengandalkan YouTube Live sebagai cara mudah untuk menjangkau audience secara real time.

Saat melakukan streaming video game misalnya, atau menyelenggarakan tanya jawab live, atau mengajar sebuah kelas, berbagai fitur YouTube Live bisa membantu mengelola streaming dan berinteraksi dengan penonton secara real time.

Aplikasi lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk fungsi yang sama adalah Facebook Live dan Instagram Live.



Simak Video "Kamboja Laporkan Kematian Pertama Akibat COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)