Twitter Mulai Jajal Fitur Emoji Reaction

Twitter Mulai Jajal Fitur Emoji Reaction

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 14:13 WIB
Ilustrasi twitter
Twitter uji emoji reaction (Foto: Twitter)
Jakarta -

Sama seperti Facebook, pengguna Twitter akan bisa merespons tweet menggunakan berbagai emoji. Media sosial berlogo burung biru tersebut saat ini sedang menguji fitur emoji reaction.

Dikutip dari Tech Radar, Kamis (25/3/2021) saat ini, pengguna Twitter hanya bisa like, tweet, berkomentar, atau memberikan tanggapan dengan ikon love-heart. Namun selama sebulan terakhir, raksasa mikro-blogging ini telah mensurvei penggunanya tentang pengenalan 'reaction' yang lebih luas.

Survei tersebut berisi sejumlah emoji reaction dan meminta partisipan memutuskan emoji mana yang mereka sukai. Dari tujuh reaksi yang diusulkan, lima di antaranya tetap konsisten di seluruh set emoji, yaitu Like (suka), Funny (lucu), Interesting (menarik), Sad (sedih), dan Awesome (luar biasa), dan menggunakan emoji yang umumnya terkait.

Dua opsi lainnya dijelaskan secara berbeda dalam berbagai set, dengan Support (mendukung) dan Angry (marah) diganti dalam beberapa situasi oleh Agree (setuju) dan Disagree (tidak setuju).

Yang terakhir, Agree dan Disagree mengambil pendekatan lebih langsung ke sistem pemungutan suara. Bahkan Twitter menanyakan implikasi dari emoji 'downvoting' atau 'tidak suka' dalam survei. Peserta ditanya bagaimana perasaan mereka saat menerima reaksi semacam itu.

Penambahan fitur emoji reaction memang akan memberikan warna baru di Twitter, dan memungkinkan pengguna lebih ekspresif merespons konten di layanannya. Namun sejumlah pengamat menilai perubahan ini akan membuat Twitter jadi lebih sulit dibedakan karena jadi mirip dengan media sosial lainnya.



Simak Video "Layanan Berbayar Twitter Blue Diluncurkan, Apa Saja Fiturnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)